Agus Martowardojo Tak Tertarik Masuk ke Politik setelah Lepas Jabatan Gubernur BI

Kompas.com - 03/04/2018, 14:53 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAGubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo akan mengakhiri masa tugasnya pada 23 Mei 2018 mendatang. Posisinya akan digantikan oleh Perry Warjiyo, yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Gubernur BI.

Setelah melepas jabatan sebagai Gubernur BI, Agus mengaku dirinya tidak tertarik untuk terjun ke dunia politik. Adapun saat ini, Agus menuturkan dirinya akan fokus menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur BI.

Ia pun menegaskan tidak akan berkecimpung di dunia politik. Padahal, sempat beredar kabar bahwa Agus akan mendampingi Presiden Joko Widodo sebagai calon wakil presiden.

"Tidak (tertarik terjun ke dunia politik). Saya sekarang akan terus menjaga sampai dengan 23 Mei 2018," ujar Agus di Gedung DPR MPR RI, Selasa (3/4/2018).

DPR RI menyetujui usulan Presiden Jokowi untuk menetapkan Perry sebagai Gubernur BI menggantikan Agus. Perry akan menjabat sebagai orang nomor satu di bank sentral selama periode 2018 hingga 2023 mendatang.

Perry merupakan calon tunggal Gubernur BI yang diusulkan oleh Presiden Jokowi. Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Hafidz Thohir mengatakan, Presiden telah menyampaikan surat Nomor R09/Pres/02/2018, tertanggal 23 Februari 2018, perihal usulan calon Gubernur Bank Indonesia dan mengusulkan Calon tunggal Gubernur Bank Indonesia atas nama Perry Warjiyo untuk menggantikan Agus DW Martowardojo.

DPR RI pun memutuskan Dody Budi Waluyo sebagai Deputi Gubernur BI menggantikan Perry. Selain Dody, ada dua calon lain yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di hadapan Komisi XI DPR, yakni Wiwiek Sisto Widayat dan Doddy Zulverdi.

Wiwiek saat ini menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat. Sementara itu, Doddy menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X