Kompas.com - 03/04/2018, 15:07 WIB
Perry Warjiyo usai fit and proper test di hadapan Komisi XI DPR RI, Rabu (28/3/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPerry Warjiyo usai fit and proper test di hadapan Komisi XI DPR RI, Rabu (28/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.comGubernur Bank Indonesia (BI) terpilih Pery Warjiyo menyatakan, bank sentral akan terus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Nilai tukar rupiah, imbuh Perry, akan dijaga sesuai dengan fundamental yang telah ditetapkan.

"(Stabilitas nilai tukar rupiah) akan terus akan kita jaga," kata Perry usai Sidang Paripurna DPR RI, Selasa (3/4/2018).

Perry menjelaskan, kondisi nilai tukar rupiah akan lebih banyak ditentukan oleh mekanisme pasar. Meskipun demikian, bank sentral tidak akan segan-segan melakukan intervensi pasar.

Hal tersebut dilakukan apabila nilai tukar mengalami tekanan. Adapun intervensi yang dilakukan bank sentral adalah baik dalam memasok dollar AS di pasar valas maupun membeli surat berharga negara (SBN) di pasar sekunder.

Baca juga: Kondisi Rupiah Terpengaruh Perkembangan di AS

"Insya Allah nilai tukar kita dalam beberapa waktu terakhir relatif stabil," tutur Perry.

Ia menyebut, saat ini pun dana asing telah kembali masuk ke Indonesia. Kondisi tersebut lanjut Perry, akan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga siang ini, nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp 13.757 per dollar AS, melemah dibandingkan pada posisi penutupan sehari sebelumnya, yakni Rp 13.753 per dollar AS.

Selama hari ini, menurut data Bloomberg, rupiah bergerak pada kisaran Rp 13.754 hingga Rp 13.768 per dollar AS. Sementara itu, selama setahun, nilai tukar rupiah bergerak pada kisaran Rp 13.126 hingga Rp 13.817 per dollar AS.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.