Jawab KPK soal Lelang Gula Rafinasi, Mendag Janjikan Dua Hari

Kompas.com - 03/04/2018, 15:21 WIB
Ilustrasi gula KOMPAS/A HANDOKOIlustrasi gula

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita janji segera menjawab rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) mengenai pelaksanaan lelang gula kristal rafinasi.

Sebelumnya, KPK memberi rekomendasi kepada Kementerian Perdagangan untuk menghentikan perdagangan gula kristal rafinasi melalui pasar lelang komoditas. Dasar rekomendasi salah satunya karena pasar lelang gula kristal rafinasi memunculkan biaya tambahan dari pelaku industri, di mana selama ini mereka sudah bertransaksi business to business (B2B), dan biaya tambahan berpotensi dibebankan ke konsumen.

"Satu dua hari ini saya jawab. Kami tidak usah dipaksa juga kami lakukan (rekomendasinya)," kata Enggar saat ditemui di gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Selasa (3/4/2018).

Pertimbangan lain dari KPK untuk rekomendasi penghentian adalah karena pasar lelang gula kristal rafinasi tidak selalu menyediakan kesempatan yang sama bagi pelaku UKM dan IKM untuk memperoleh gula kristal rafinasi. Kondisi itu terjadi karena ada batas minimum pembelian yang harus dipenuhi, sebesar satu ton.

Baca juga: Karena Ide Presiden Jokowi, Bekas Pabrik Gula Ini Berubah Fungsi Jadi "Concert Hall"

Kemudian, adanya metode pengawasan perdagangan gula kristal rafinasi lain tanpa harus melalui pasar lelang.

Surat rekomendasi KPK telah diterima Enggar beberapa hari lalu, kini tinggal menunggu tanggapan atau jawaban dari Enggar yang akan diberikan dalam dua hari ke depan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X