Sanggar Batik Andhaka Mulai Merambah Pasar Internasional

Kompas.com - 03/04/2018, 19:16 WIB
Ilustrasi batik TRIBUN / DANY PERMANAIlustrasi batik
Penulis Mutia Fauzia
|

BATU, KOMPAS.com - Sanggar Batik Andhaka, salah satu sanggar batik di kota Batu, Malang, Jawa Timur, kini membidik pasar internasional untuk produk-produknya.

Pendiri sanggar Anjani Sekar Arum menceritakan alasannya membidik pasar internasional. Dia bercerita, awalnya ada warga negara Taiwan yang datang ke sanggarnya. 

Warga Taiwan tersebut khusus mencari budaya dan UMKM yang unik untuk dipromosikan ke luar negeri. Produk sanggar batik Anjani adalah Batik Bantengan yang unik. 

"Orang Taiwan ini datang hanya berbekal info dari internet," tutur Anjani melalui rilis ke Kompas.com, Selasa (3/4/2018). 

Hal itu memberikan Anjai inspirasi untuk memasarkan produknya ke luar negeri. Dia pun mengkuti cara kebudayaan yang digelar oleh United Nations Educational, Scientiefic and Cultural Organizations (UNESCO).

Dalam acara tersebut, Anjani mempromosikan batik dengan ciri khas Kebudayaan Banteng, yang menjadi keistimewaandan daya tarik dari kain batiknya.

Semenjak itu, tawaran produksi dari berbagai wilayah, baik dalam dan luar negeri pun berdatangan.

“Tawaran untuk pameran datang tiba-tiba. Seperti pada tahun 2014, kami pernah diminta oleh Walikota Batu untuk pameran di Praha, Ceko,” ungkap Anjani.

Sebagai informasi, Sanggar Batik Andhaka merupakan sebuah sanggar batik tradisonal yang memberikan kelas batik kepada anak-anak. 

Sejak tahun 2014, Sanggar Batik Andhaka mulai mengajarkan cara membatik kepada tutor-tutor untuk kemudian memberikan pengajaran di beberapa sekolah di Kota Batu, Malang . Hingga kini telah ada 40 sekolah di Batu yang memiliki tutor batik dan menyentuh sekitar 600 siswa.

Kompas TV Provinsi Jambi tidak hanya di kenal dengan kekayaan alamnya. Berbagai kerajinan lokal menjadi ciri khas dengan menggunakan batik khas Jambi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X