Menhub: Bandara Kertajati Siap Beroperasi Juni 2018

Kompas.com - 03/04/2018, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat bisa beroperasi penuh pasca-lebaran Idul Fitri 2018.

Dengan begitu, masyarakat di sekitar Majalengka tak perlu jauh-jauh apabila hendak bepergian menggunakan pesawat terbang sebab rencananya, Bandara Kertajati bakal melayani penerbangan domestik dan internasional.

Saat ini, bandara tersebut tengah menunggu proses finishing saja.

"Besok siang saya mau ke Kertajati. Mungkin Juni kali ya mulai operasi," kata Budi Karya di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Baca juga : Luhut: Pokoknya Haji Tanggal 15 Juli 2018 Sudah Terbang di Bandara Kertajati

Selain menyelesaikan tahap akhir pembangunan bandara, Budi Karya juga menerangkan kalau pihaknya bakal berkoordinasi untuk menyiapkan perihal imigrasi dan kepabeanan.

"Saat ini kami harus berkoordinasi dengan imigrasi, bea cukai, dan sebagainya. Karena begitu buka kita harapkan Kertajati jadi bandara internasional," imbuhnya.

Salah satu penerbangan internasional yang akan dilayani di Bandara Kertajati adalah penerbangan haji. Masyarakat Jawa Barat nantinya tak perlu lagi ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta untuk menjalankan ibadah haji.

"Kita akan lakukan haji tahun ini. Oleh karenanya hari ini saya akan ada rapat dengan beberapa stakeholder untuk membahas semuanya," jelas Budi Karya.

Kompas TV Warga di Desa Pilangsasi, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mencuci pakaian dan mandi di kubangan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.