Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walmart Buka Supermarket Canggih Pertama di China

Kompas.com - 04/04/2018, 06:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber Reuters

BEIJING, KOMPAS.com - Peritel Walmart Inc membuka supermarket kecil canggih pertamanya di China. Di supermarket tersebut, ponsel pintar (smartphone) dapat digunakan untuk membayar barang yang dibeli.

Barang-barang tersebut pun sebagian besar tersedia di Walmart dan marketplace daring China JD.com. Walmart merupakan peritel terbesar di dunia.

Mengutip Reuters, Selasa (3/4/2018), Walmart berekspansi di China sejalan dengan meningkatnya popularitas perangkat mobile di negara tersebut.

Selain itu, ekspansi bisnis ini pun sejalan dengan kesepakatan yang dijalin Walmart dengan raksasa teknologi China seperti Alibaba Group Holding Ltd dan Tencent Holdings Ltd untuk mengintegrasikan belanja daring dan di toko.

Walmart pun membidik lebih banyak pembeli daring. Walmart sendiri sudah mengoperasikan supermarket kecil yang dinamakan Walmart Express tersebut di AS.

Meskipun demikian, konsep supermarket kecil tersebut tampaknya kurang diterima dengan baik oleh konsumen. Sehingga, operasionalnya terpaksa harus dihentikan pada 2016 silam.

Walmart tidak menyebut secara spesifik ukuran supermarket kecil yang dibuka di China tersebut. Namun demikian, diketahui bahwa supermarket mini itu dibuka di Kota Shenzhen.

Supermarket tersebut akan menyediakan lebih dari 8.000 jenis produk, mulai dari tiram hingga buah segar. 80 persen produk akan tersedia pula secara daring.

Barang pun bisa dikirim ke lokasi dalam radius 2 kilometer hanya dalam 29 menit. Walmart adalah salah satu pemegang saham JD.com.

Konsumen bisa membayar barang yang dibeli dengan menggunakan smartphone menggunakan aplikasi WeChat milik Tencent.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com