Kompas.com - 04/04/2018, 06:50 WIB
Gerai Walmart Kathy deWitt / AlamyGerai Walmart

BEIJING, KOMPAS.com - Peritel Walmart Inc membuka supermarket kecil canggih pertamanya di China. Di supermarket tersebut, ponsel pintar (smartphone) dapat digunakan untuk membayar barang yang dibeli.

Barang-barang tersebut pun sebagian besar tersedia di Walmart dan marketplace daring China JD.com. Walmart merupakan peritel terbesar di dunia.

Mengutip Reuters, Selasa (3/4/2018), Walmart berekspansi di China sejalan dengan meningkatnya popularitas perangkat mobile di negara tersebut.

Selain itu, ekspansi bisnis ini pun sejalan dengan kesepakatan yang dijalin Walmart dengan raksasa teknologi China seperti Alibaba Group Holding Ltd dan Tencent Holdings Ltd untuk mengintegrasikan belanja daring dan di toko.

Walmart pun membidik lebih banyak pembeli daring. Walmart sendiri sudah mengoperasikan supermarket kecil yang dinamakan Walmart Express tersebut di AS.

Meskipun demikian, konsep supermarket kecil tersebut tampaknya kurang diterima dengan baik oleh konsumen. Sehingga, operasionalnya terpaksa harus dihentikan pada 2016 silam.

Walmart tidak menyebut secara spesifik ukuran supermarket kecil yang dibuka di China tersebut. Namun demikian, diketahui bahwa supermarket mini itu dibuka di Kota Shenzhen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Supermarket tersebut akan menyediakan lebih dari 8.000 jenis produk, mulai dari tiram hingga buah segar. 80 persen produk akan tersedia pula secara daring.

Barang pun bisa dikirim ke lokasi dalam radius 2 kilometer hanya dalam 29 menit. Walmart adalah salah satu pemegang saham JD.com.

Konsumen bisa membayar barang yang dibeli dengan menggunakan smartphone menggunakan aplikasi WeChat milik Tencent.



Sumber Reuters
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.