Jokowi Ragukan Ramalan Revolusi Industri Hilangkan 800 Juta Pekerja

Kompas.com - 04/04/2018, 11:11 WIB
Presiden Joko Widodo saat peresmian pembukaan Indonesia Industrial Summit Tahun 2018 dan Peluncuran “Making Indonesia 4.0” di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (4/4/2018). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo saat peresmian pembukaan Indonesia Industrial Summit Tahun 2018 dan Peluncuran “Making Indonesia 4.0” di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meyakini Revolusi Industri 4.0 yang akan datang dapat memunculkan peluang lebih banyak bagi tenaga kerja baru.

Hal itu disampaikan untuk menanggapi prediksi perusahaan konsultan manajemen multinasional, McKinsey, yang melakukan studi dampak terhadap perkembangan industri di masa mendatang.

"Menurut McKinsey, 800 juta pekerja di seluruh dunia akan kehilangan pekerjaannya karena diambil alih oleh robot dan mesin dalam 12 tahun ke depan. Nah, kalau yang ini saya enggak percaya, yang pesimis saya enggak percaya," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan membuka Indonesia Industrial Summit 2018 di Jakarta Convention Center, Rabu (4/4/2018).

Menurut Jokowi, peluang kerja justru akan lebih luas ketika Revolusi Industri 4.0 terjadi. Dia turut menuturkan kajian lain dari McKinsey bahwa dampak Revolusi Industri 4.0 akan 3.000 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan revolusi industri yang terjadi pertama kali di abad ke 19 silam.

Dari hal tersebut, Jokowi mengatakan peluang kerja pun akan terbuka lebih banyak lagi. Perubahan sektor-sektor industri pun diperkirakan akan terjadi sangat cepat, sehingga sumber daya manusia perlu disiapkan sejak dini agar bisa mengimbangi perkembangan industri terkini.

"Saya percaya Revolusi Industri 4.0 akan melahirkan jauh lebih banyak lapangan kerja baru dibanding lapangan kerja yang hilang," tutur Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.