Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bankir Tanggapi Rencana BI Merilis Standar QR Code

Kompas.com - 04/04/2018, 16:19 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Bankir mulai menanggapi rencana Bank Indonesia (BI) untuk merilis standar aturan dalam teknologi QR Code. Aturan tersebut dianggap akan mempermudah nasabah melakukan transaksi.

Sebelumnya, BI menyatakan akan merilis standar QR Code agar teknologinya bisa saling terkoneksi. Aturan tersebut dijadwalkan akan terbit April 2018 ini.

Anggoro Eko Cahyo, Ketua Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) bilang, bank akan mendukung langkah BI ini.

"ASPI mengajak industri perbankan untuk bisa menentukan standar QR code mana yang akan dipakai," kata Anggoro setelah ditemui dalam acara Seminar Tren Ekonomi Digital, Rabu (4/4/2018).

Baca juga : Go-Jek Ajukan Izin Metode Pembayaran QR Code ke BI

Dengan adanya standardisasi ini diharapkan akan mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi. Selain itu, dengan adanya standar ini diharapkan bisa meningkatkan interkoneksi sistem pembayaran antarbank.

Menurut Anggoro, dengan adanya QR code, bank tidak perlu menyediakan anggaran yang cukup besar untuk investasi alat. Selain itu, teknologi ini bisa lebih fleksibel dalam digunakan untuk bertransaksi di merchant.

ASPI sebagai asosiasi pembayaran juga memastikan bahwa transaksi di QR code bisa dilakukan dengan aman. (Galvan Yudistira)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul BI akan merilis standar QR code, ini tanggapan bankir pada Rabu (4/4/2018)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com