BRI Syariah IPO, Lepas 2,62 Miliar Saham - Kompas.com

BRI Syariah IPO, Lepas 2,62 Miliar Saham

Kompas.com - 04/04/2018, 17:09 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (19/2/2018).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (19/2/2018).

KOMPAS.com - Prospektus ringkas PT Bank BRI Syariah pada Rabu (4/4/2018) menyebutkan bank akan melepas 2,62 miliar saham ke publik dengan skema inital public offering ( IPO) dengan nilai nominal Rp 500 per saham.

Adapun, nilai saham tersebut mewakili 27 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah penawaran umum perdana saham.

BRI Syariah menjelaskan, seluruh saham yang ditawarkan dalam rangka penawran umum perdana saham ini seluruhnya adalah saham baru yang dikeluarkan dari portepel perseroan.

Dalam prospektus tersebut juga disebutkan, struktur pemegang saham perseroan akan mengalami perubahan kepemilikan dengan terjualnya seluruh saham yang ditawarkan.

Baca juga : BRI Syariah Berikan Pelatihan bagi Mahasiswa Lewat Mini Banking

Antara lain, induk perseroan yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akan memiliki 72,99 persen saham setelah IPO setelah sebelumnya 99,99 persen. Adapun pengurangan porsi kepemilikan saham BRI sebanyak 27 persen dialihkan menjadi saham milik publik.

Selain itu, prospektus juga menjelaskan bahwa bersamaan dengan IPO, perseroan mengadakan program employee stock allocation (ESA) dengan mengalokasikan saham kepada karyawan perseroan sebesar-besarnya 2,5 persen dari jumlah saham yang ditawarkan dalam IPO. Atau sebanyak-banyaknya sebsar 65,58 juta lembar saham.

Perseroan mengungkapkan, seluruh dana hasil penawaran umum perdana saham ini akan digunakan sebanyak 80 persen untuk penyaluran pembiayaan.

Sementara 12,5 persen akan digunakan untuk pengembangan sistem teknologi informasi yang meliputi core banking system, electronic channel, infrastruktur jaringan, support system, digital banking dan big data.

Baca juga : BRI Syariah Targetkan Naik ke BUKU III

Sementara sisa 7,5 persen lainnya akan digunakan untuk pengembangan jaringan kantor dengan membuka sejumlah kantor cabang, kantor cabang pembantu dan kantor kas pada wilayah Sumetera,dan/atau Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku serta Papua.

Dalam penawaran perdana saham ini perseroan menggandeng PT Bahana Sekuritas, PT CLSA Sekuritas Indonesia, PT Danareksa Sekuritas dan PT Indo Premier Sekuritas sebagai penjamin pelaksana efek.

Masa penawaran awal antara lain 5 April sampai 20 April 2018. Dengan perkiraan tanggal efektif 30 April 2018. Adapun, perkiraan masa penawaran umum yakni 2 Mei hingga 4 Mei 2018. (Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul BRI Syariah akan melepas 2,62 miliar saham lewat IPO pada Rabu (4/4/2018)

Kompas TV Menurut presiden, pepres tersebut masih sebatas wacana.


Komentar
Close Ads X