Pemerintah kembali Tawarkan Proyek Infrastruktur ke Investor China

Kompas.com - 05/04/2018, 17:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan menindaklanjuti Belt and Road Initiative dengan menawarkan investasi sejumlah infrastruktur ke investor China.

Saat ini, sejumlah kementerian tengah mempersiapkan daftar investasi yang akan kembali ditawarkan ke negeri Tirai Bambu itu.

Mengutip Kontan.co.id, Kamis (5/4/2018), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bilang, pemerintah mempersiapkan proyek yang telah feasible untuk ditawarkan.

Investor China akan ditawarkan untuk berinvestasi di Kuala Tanjung, Bitung dan pembangkit listrik tenaga air di Kalimantan Utara.

"Kami akan dorong lebih Business to Business maupun skema Public-Private Partnership," kata Bambang Kamis (5/4/2018).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo menyatakan, pihaknya akan menawarkan Bandara Manado agar bisa dikembangkan menjadi bandara internasional.

Namun menyadari keterbatasan bandara tersebut, Kementerian Perhubungan akan memberikan opsi untuk pembangunan bandara baru di wilayah lain agar bisa dijadikan bandara internasional.

"Kalau di Manado tidak memungkinkan, kita cari lokasi di Sulawesi Utara yang memungkinkan untuk itu," ujar Sugihardjo.

Rencananya, Kementerian Perhubungan juga akan menawarkan dua pelabuhan yang akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus. Yakni Pelabuhan Kuala Tanjung dan Pelabuhan Bitung.

Namun ia belum bisa membeberkan nilai investasi yang dibutuhkan bagi kedua pelabuhan ini. "Belum dipilah karena terintegrasi," imbuhnya. (Ramadhani Prihatini)

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: Pemerintah kembali tawarkan proyek infrastruktur ke investor China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.