Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Premium Langka, Ini Kata Dirut Pertamina

Kompas.com - 05/04/2018, 20:03 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Pertamina Elia Massa Manik menampik kabar kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium yang banyak beredar beberapa waktu ini.

"Di mana datanya?" Kata Elia usai seminar nasional bertema "Sistem Ekonomi Pancasila di Era Jokowi" di Auditorium Perpustakaan Nasional, Kamis (5/4/2018).

Menurut dia, Pertamina saat ini memang sedang mengurangi nozzle premiun. Namun, ia enggan berkomentar lebih panjang soal tersebut.

Dari catatan, pemerintah sendiri telah memberikan penetapan kuota BBM premium oleh Pertamina untuk di luar Jawa Madura Bali (Jamali) atau BBM penugasan pada tahun ini sebesar 7,5 kiloliter (KL). Angka tersebut memang berkurang dari kuota premium tahun lalu yang mencapai 12,5 juta KL.

Baca juga: Pertamina Sebut Harga Premium Semestinya Rp 8.600 Per Liter

Elia menyebutkan, saat ini pihaknya sedang intensif diskusi dengan pemerintah mengenai arah kebijakan ke depan. Ia menegaskan bahwa PT Pertamina tidak akan bekerja di luar regulasi, melainkan mengikuti arahan pemerintah sepenuhnya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas menyoroti adanya kelangkaan BBM jenis premium di sejumlah daerah dalam beberapa waktu terakhir.

Tak hanya itu, BPH Migas juga menemukan adanya margin pertalite yang lebih besar dari margin premium.

Akibatnya, pengusaha SPBU lebih memilih menyalurkan pertalite ketimbang premium. Namun ketika ditanya soal hal tersebut, Elia tidak menjawab. (Tane Hadiyantono)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Jawaban tegas Dirut Pertamina perihal kelangkaan premium


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com