Persiapan Mudik 2018, Kemenhub Minta Pemda Atur Pasar Tumpah

Kompas.com - 06/04/2018, 16:09 WIB
Pemudik memadati kawasan rest area yang serba ada, bak pasar tumpah di kawasan tol darurat Pemalang-Batang mulai sore hari hingga malam pukul 19.00, Kamis (22/6/2017). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAPemudik memadati kawasan rest area yang serba ada, bak pasar tumpah di kawasan tol darurat Pemalang-Batang mulai sore hari hingga malam pukul 19.00, Kamis (22/6/2017).

TEGAL, KOMPAS.com -  Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi meminta pemerintah daerah untuk melakukan penanganan khusus mengantisipasi kegiatan pasar tumpah.

Hal itu disampaikan Budi sebagai tindak lanjut hasil rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2018 pada Januari silam.

“Pemerintah Daerah harus berani mengatur atau semacam membangun simpul-simpul niaga tradisional untuk menampung pedagang kaki lima di pasar tumpah sehingga kapasitas jalan yang ada dapat digunakan secara optimal,” ujar dia saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 di Tegal, Jumat (6/4/2018).

Lebih lanjut Budi menyampaikan masalah yang masih muncul pada angkutan Lebaran tahun ini adalah masih tingginya jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk jarak jauh.

Baca juga: Kemenhub Usulkan Libur Sekolah dan Pegawai Dibedakan pada Lebaran 2018

Pihaknya memprediksi pengguna kendaraan roda dua yang akan melakukan perjalanan mudik meningkat di tahun ini dari 4,78 juta menjadi 6,39 juta pemudik, atau meningkat sebesar 30,44 persen dibandingkan dengan tahun 2017.

Saat ini sebut dia, Kemenhub telah membuka program Mudik Gratis dengan sepeda motor. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyediakan 45 truk yang dapat menampung 2.025 unit sepeda motor untuk arus mudik, dan 25 truk yang dapat menampung 1.125 unit sepeda motor untuk arus balik.

Rapat persiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran ini dihadiri oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kalorlantas) Polri Irjen Pol. Royke Lumowa, Kepala Biro Pembinaan dan Operasional Polri Brigjen Pol. Imam Sugianto, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo. (Apfia Tioconny Billy)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pemda Diminta Atur Pasar Tumpah saat Angkutan Lebaran

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X