Tertekan Isu Perang Dagang, Rupiah Pekan Ini Kembali Melemah

Kompas.com - 06/04/2018, 18:38 WIB
Ilustrasi
KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan rupiah sepanjang pekan ini konstan melemah. Isu perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China menahan laju mata uang Garuda.

Mengutip Bloomberg, Jumat (6/4/2018), nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup melemah 0,08 persne ke level Rp 13.778 per dollar AS. Sepanjang pekan ini, rupiah melemah 0,18 persen.

Kurs tengah rupiah di Bank Indonesia juga terdepresiasi 0,03 persen menjadi Rp 13.771 per dollar AS. Sehingga, dalam sepekan, nilai kurs rupiah melemah 0,15 persen.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail menilai, rupiah masih terus disetir faktor eksternal, khususnya perkembangan kebijakan tarif dagang antara dua negara raksasa ekonomi, AS dan China. Setelah sempat agak mereda, akhir pekan ini, Presiden AS Trump justru membuat pernyataan akan menaikkan tarif impor barang China dari sebelumnya 50 miliar dollar AS menjadi 100 miliar dollar AS.

Baca juga: Terimbas Perang Dagang, Rupiah Diprediksi Masih Melemah

"Tensi perang dagang kembali naik, apalagi tidak ada sentimen domestik yang menjadi pendorong. Jadi, rupiah masih tertekan," ujar Mikail.

Meski demikian, analis Global Kapital Investama Nizar Hilmy menilai, pergerakan rupiah sepanjang pekan ini cenderung stabil. "Rupiah memang melemah, tapi hanya 0,2 persen sehingga bisa dibilang lumayan stabil," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nizar menyebutkan, rupiah masih cukup terjaga pada rentang Rp 13.700-Rp 13.800 per dollar AS, sebab aliran dana ke surat berharga negara (SBN) terbilang besar di awal tahun ini. Sepanjang kuartal pertama 2018, nilai penerbitan SBN di pasar primer mencapai Rp 211 triliun, melebihi ekspektasi yang hanya Rp 194,5 triliun.

Hingga sore ini, data cadangan devisa yang rencananya akan dirilis hari ini belum keluar. Nizar menilai, jika cadev kembali turun, artinya Bank Indonesia juga masih terus melakukan stabilisasi nilai tukar sehingga tetap pada kisaran sekarang ini. (Grace Olivia)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Rupiah tertekan isu perang dagang dalam sepekan

Kompas TV Bank Indonesia menjamin rupiah tidak akan bergerak fluktuatif dengan hebat dalam jangka pendek maupun panjang.

 



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.