Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Kawasan Industri di Subang, PT RNI Siapkan Rp 3 Triliun

Kompas.com - 07/04/2018, 09:11 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Rajawali Nusantara Indonesia (PT RNI) menargetkan untuk dapat mulai membangun kawasan industri di Subang, Jawa Barat pada awal tahun 2019. Persiapan dari pembangunan kawasan industri tersebut sudah mulai dilangsungkan sejak awal tahun 2018 ini.

Direktur Utama PT RNI B. Didik Prasetyo mengatakan, tahun ini pihaknya menyiapkan belanja modal (capex) sebesar RP 4,5 triliun untuk pengembangan RNI Group.

“Dana tersebut akan digunakan untuk investasi rutin, terutama yang paling besar adalah rencana kita untuk membentuk kawasan industri di Subang sebanyak Rp 3 triliun,” ujar Didik Kepada Kompas.com ketika ditemui seusai acara RNI Economy Outlook di kawasan BSD, Serpong Jumat (6/4/2018).

Kawasan yang akan digunakan sebagai kawasan industri adalah tanah milik RNI seluas 3.900 hektar (ha). kawasan bisnis itu akan digunakan oleh industri-industri dengan berbasis teknologi tinggi (high technology) dan industri pintar (smart industry) sesuai arahan dari Dewan Ekonomi Nasional.

Baca juga : Ditopang Bisnis Farmasi, Laba PT RNI 2017 Naik 43 Persen

Didik menargetkan, pada 2020 sudah ada industri yang masuk ke kawasan tersebut.

Kawasan Subang dipilih karena dinilai akan menjadi pusat-pusat pertumbuhan industri baru. Lokasi kawasan industri ini nantinya dekat dengan Bandara Kertajati serta Pelabuhan Patimban.

Untuk target pasar, kawasan industri tersebut antara lain menyasar Jepang dan Korea.

Direktur Inovasi dan Pengembangan PT RNI Djoko Retnadi berharap kawasan industri ini bisa berkembang seperti Sillicon Valley di Amerika Serikat.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com