Kadar Oksigen di Wilayah Tumpahan Minyak Pertamina Masih Normal

Kompas.com - 07/04/2018, 16:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina menyebut kadar oksigen di sekitar tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, terpantau dalam kondisi normal.

Sebelumnya, minyak dari instalasi pipa milik Pertamina bocor hingga mencemari dan menimbulkan kebakaran di Teluk Balikpapan pada Sabtu (31/3/2018).

"Dari pemeriksaan selama beberapa hari ini, kadar oksigen berada dalam range normal, yaitu 19 sampai 23 persen dengan kadar karbon di bawah 20 ppm, combustible gas di bawah 5 persen LEL dan H2S di bawah 10 ppm," demikian keterangan Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan Yudy Nugraha melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (7/4/2018).

Baca juga: Bersihkan Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Pertamina Tambah Kapal

Yudy mengungkapkan, hasil pemeriksaan sementara kadar oksigen per hari ini juga tercatat masih dalam batas normal, yakni di angka 20,8 persen lalu kadar karbon 0 ppm, combustible gas 0 persen, serta H2S 0 ppm.

Sembari memantau kadar oksigen, Pertamina masih meneruskan proses pembersihan sisa tumpahan minyak.

Pembersihan tumpahan minyak dilakukan dengan vacuum truck yang dilengkapi sejumlah komponen peralatan teknis lainnya.

Baca juga: Periksa Sisa Tumpahan Minyak, Tim KLHK Keliling Teluk Balikpapan Setiap Hari

Selain itu, Pertamina juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Pertamina di Balikpapan mengadakan posko kesehatan di Kampung Baru Ulu dan Kampung Atas Air untuk membantu warga yang mengeluhkan dampak kesehatan dari tumpahan minyak tersebut.

Kompas TV Video di akun Twitter milik juru bicara BNPB memperlihatkan sebaran tumpahan minyak di Teluk Balikpapan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.