Kreator Lokal Ditargetkan Bisa "Go International" hingga IPO

Kompas.com - 07/04/2018, 18:58 WIB
Suasana ajang Makerfest 2018 yang digelar di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/4/2018). Makerfest merupakan ajang bagi para kreator lokal untuk memamerkan produk mereka sekaligus dikompetisikan untuk merebut modal usaha total Rp 1,5 miliar. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERASuasana ajang Makerfest 2018 yang digelar di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/4/2018). Makerfest merupakan ajang bagi para kreator lokal untuk memamerkan produk mereka sekaligus dikompetisikan untuk merebut modal usaha total Rp 1,5 miliar.

MEDAN, KOMPAS.com - Tokopedia bersama kementerian dan lembaga terkait menargetkan kreator lokal di Indonesia bisa mengembangkan produknya hingga ke pasar internasional.

Hal ini diungkapkan dalam gelaran Makerfest 2018, ajang "unjuk gigi" kreator lokal yang diselenggarakan di 8 kota di Indonesia mulai April 2018.

"Harapannya, kreator lokal bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri dan kami juga mengharapkan mereka bisa sampai initial public offering (IPO)," kata Public Relation Committee Makerfest 2018 Siti Fauziah di acara Makerfest, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/4/2018).

Baca juga: Festival Makerfest 2018 Tawarkan Modal bagi Kreator Lokal hingga Rp 1,5 Miliar

Fauziah menceritakan, awalnya CEO Tokopedia William Tanuwijaya menemukan banyak kreator lokal atau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berpotensi ketika mengunjungi sejumlah daerah.

Dari hal tersebut, muncul gagasan mengadakan ajang bagi kreator lokal agar mereka bisa mengembangkan diri serta dapat pendampingan yang tepat.

Pendampingan yang dimaksud adalah memberi saran dan masukan tentang bagaimana mengembangkan bisnis para kreator.

Baca juga: Pertumbuhan Merchant dan Pembeli Tokopedia di Medan Signifikan Selama 2017

Mulai dari pengembangan sumber daya manusia (SDM), inovasi, strategi pemasaran, branding, sampai akses permodalan.

"Para kreator juga dapat konsultasi dengan berbagai pelaku usaha, konsultan bisnis, dan pengusaha ekonomi kreatif skala nasional," ujarnya. 

Kegiatan Makerfest 2018 mengikutsertakan Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca juga: Dukung Kreator Lokal, Tokopedia dan Bekraf Gelar Maker Fest

Para kreator juga berpartisipasi dalam kompetisi, di mana akan dipilih tiga juara yang akan menerima modal usaha total Rp 1,5 miliar.

Setelah dari Medan, acara akan dilanjutkan di Padang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Bandung, dan Jakarta.

Ajang tersebut dijadwalkan berlangsung hingga Desember 2018 dan melibatkan ratusan kreator lokal.

Kompas TV Perusahaan jual beli online alias e-commerce milik pengusaha Jack Ma, Alibaba, kembali bereskpansi di Asia.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.