Jawaban untuk Rizal Ramli soal Utang Indonesia

Kompas.com - 08/04/2018, 10:40 WIB
Ekonom Rizal Ramli dan status Facebooknya yang mengomentari soal utang pemerintah. TRIBUNNEWS/DANY PERMANAEkonom Rizal Ramli dan status Facebooknya yang mengomentari soal utang pemerintah.


Tulisan ini menjawab status Rizal Ramli di akun Facebook-nya yang mengomentari soal utang pemerintah. Komentar Rizal Ramli bisa dilihat pada foto di atas.
________________________________________________________________________

UNTUK ke sekian kalinya, saya menjawab apa yang disampaikan oleh Rizal Ramli (RR) soal utang.

Bagaimana RR menyebut utang sudah lampu kuning bila pada saat yang sama semua lembaga pemeringkat (Moodys, Fitch, S&P, JCRA dan Rating & Investment) menyatakan bahwa Indonesia adalah investment grade?

Baca juga: Catatan 2017, Saat Indonesia Akhirnya Menyandang Status Investment Grade

Bukankah bila menggunakan standar perbandingan antar negara-negara di dunia, Indonesia memiliki rasio utang terhadap PDB dan defisit APBN yang relatif kecil dan hati-hati. Mengapa menolak menggunakan indikator yang digunakan untuk membandingkan antara negara?

Mengapa alergi dan protes bila Indonesia disebutkan dalam situasi baik oleh lembaga- lembaga internasional.  Itu ibarat pepatah “buruk muka cermin dibelah”.

Indonesia didirikan oleh para proklamator kita dengan penuh percaya diri dan dengan titipan agar kita menjadi bagian dari warga dunia. Kami generasi muda bangga mewarisi semangat para proklamator. Kita dengan percaya diri ikut menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Disebut gali lubang tutup jurang?

Bukankah pemerintah justru terus  melakukan penurunan defisit APBN dan primary balance. Sejak tahun 2012, pemerintah sudah mengalami defisit keseimbangan primer. Berikut angkanya dalam 5 tahun terakhir:

Tahun

Primary Balance

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X