Mengintip Peluang Usaha dari Bisnis Jastip

Kompas.com - 09/04/2018, 09:37 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Hampir semua kalangan masyarakat khususnya wanita menyukai kegiatan belanja. Di era digital seperti saat ini, Anda semakin dimanjakan oleh pilihan berbagai kanal belanja. Online marketplace tumbuh subur bak cendawan di musim hujan.

Belum lagi, toko-toko online kelas rumahan yang tak terhitung banyaknya memanfaatkan saluran media sosial untuk menawarkan produk dengan harga terjangkau. Ini juga yang jadi peluang bisnis untuk menjadi personal shopper atau penyedia jasa titip barang belanja.

JasTip atau jasa titip merupakan sebuah peluang usaha baru yang bermodalkan teknologi. Hanya dengan memegang smartphone dan mengandalkan hasil foto, Anda bisa mengantongi omzet hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Nora Ismawati misalnya, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan Tangerang Selatan ini merupakan salah satu pebisnis jastip yang sudah menikmati hasil dari usaha tersebut.

Baca juga: Peluang Usaha Menarik dari Bisnis Jasa Titip Beli

Bermula dari membantu kerabat yang minta dibelikan perabotan rumah di IKEA, kini ibu dua orang anak ini mempunyai omzet hingga Rp 20 juta per bulannya.

Pemilik akun jastip @Alzaira_Ikea ini menawarkan barang-barang khusus perabotan rumah tangga, pecah belah dan alat dekorasi rumah lainnya yang nantinya akan dibeli atau dipesan dari Ikea, Ace Hardware atau Informa.

"Untuk pemenuhan permintaan pembeli kita cuma beli di 3 toko di antaranya Ikea Alam Sutera, Ace Hardware, dan Informa” ujar Nora saat dihubungi Kontan.co.id, Sabtu (6/5/2018).

Ia mengaku, dalam sebulan bisa memperoleh omzet sampai Rp 20 juta per bulan dengan tambahan biaya jastip 10 persen dari harga barang dan penambahan biaya packing untuk pesanan barang pecah belah.

Di samping itu, cara kerjanya tidak rumit hanya hanya perlu modal telepon genggam lalu meng-upload foto ke instagram, setelah itu tinggal menunggu pesanan dari pembeli.

“Proses kerjanya, hanya perlu meng-upload foto, kemudian jika ada pesanan, kita totalkan dulu semua harga termasuk biaya ongkir dan jastip. Setelah uang ditransfer oleh pembeli baru kita akan pergi membeli barang tersebut di Ikea, Ace, maupun informa," sebutnya.

Menurut dia, bisnis jastip sangat membantunya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, terkhusus bagi dia yang hanya seorang ibu rumah tangga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X