Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menantu Jokowi Buka-bukaan soal Bisnis Kafe Kopi Khas Sumatera

Kompas.com - 09/04/2018, 11:40 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Suami Kahiyang Ayu, Bobby Nasution, berbagi cerita tentang bisnis kafe kopi miliknya yang bernama Veteran Cafe. Bisnis yang sudah dirintis oleh menantu Presiden Joko Widodo sejak tahun 2013 akhir itu terletak di Jalan Veteran, Kota Binjai, Sumatera Utara.

"Kami lagi fokus mengembangkan kafe kopi ini, dengan mengedepankan varietas kopi lokal Sumatera," kata Bobby saat ditemui di acara Makerfest 2018 di Kota Medan, Sabtu (7/4/2018).

Bobby menilai, bisnis kafe kopi sedang marak di kalangan anak muda masa kini. Dari awal buka kafe kopi, Bobby masih memikirkan bagaimana supaya bisnisnya tidak hanya menawarkan produk berupa kopi, tetapi juga bisa memberikan pengalaman dan kesan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke kafenya itu.

Mengenai produk kopinya, semua bahan berupa biji kopi berasal dari kawasan Sumatera langsung. Varian jenis biji kopi secara keseluruhan yang ada di Sumatera menjadi keunggulan tersendiri bagi Bobby dalam menjalankan bisnisnya.

Baca juga: Karena Ide Presiden Jokowi, Bekas Pabrik Gula Ini Berubah Fungsi Jadi "Concert Hall"

"Keunggulan kopi Sumatera itu, dari rasanya lebih banyak pilihan, ada gayo, sidikalang, macam-macam," tutur Bobby.

Namun, Bobby mengakui ke depan tidak menutup kemungkinan akan ada inovasi produk lain lagi yang tidak hanya menyasar pada pecinta kopi sejati, tetapi menyesuaikan dengan selera masyarakat pada umumnya.

Sebagai pengusaha lokal, Bobby turut mengajak agar jangan ragu untuk memulai usaha sejak dini. Menurut dia, produk dari pengusaha lokal di Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri, meski masih ada hal yang perlu ditingkatkan, terutama dalam strategi penjualan dan pengemasan yang masih kurang.

"Harus kuatkan dulu kualitas kita, tahu cara packaging yang baik gimana. Sebenarnya produk kita bagus-bagus, tapi pengemasan orang di luar sana lebih bagus. Lebih pintar untuk jualannya," ujar Bobby.

Kompas TV Pengusaha di Garut membuat penangkaran luwak yang representatif demi kopi berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com