Kompas.com - 09/04/2018, 16:32 WIB
Ilustrasi: Pengunjung sedang melakukan transaksi di ATM. Ilustrasi: Pengunjung sedang melakukan transaksi di ATM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh bank siap masuk menjadi anggota switching himpunan bank negara (Himbara) PT Jalin Pembayaran Nusantara (JPN). Anggota baru ini akan menambah empat bank BUMN yang sudah menjadi anggota JPN.

Mengutip Kontan.co.id, Senin (9/4/2018), Direktur Digital Banking dan Teknologi Informasi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Indra Utoyo bilang, selain bank Himbara, Jalin Pembayaran Nusantara sedang menyelesaikan kerja sama dengan beberapa bank.

"Empat bank anak usaha Bank BUMN, BCA (Bank Central Asia), dan dua BPD (Bank Pembangunan Daerah)," kata Indra Senin (9/4/2018).

Diharapkan, pada akhir tahun 2018 ini, akan ada enam dari bank di atas yang sudah resmi masuk dan melakukan operasional sepenuhnya.

JPN selama ini mengelola aktivitas switching antarbank untuk empat Bank BUMN, yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN) lewat ATM Himbara Link.

Nasabah Bank BUMN paling menikmati fasilitas ATM merah-putih ini. Untuk tarik tunai misalnya, nasabah bank Himbara tak dikenakan biaya, tapi untuk bank non-Himbara dikenakan Rp 7.500 per transaksi. Sedangkan untuk transfer yang melibatkan bank swasta di ATM ini dikenakan biaya Rp 6.500 per transaksi.

Bank Indonesia (BI) membenarkan adanya rencana anggota baru switching milik bank BUMN ini.

"(Benar) saat ini masih proses (perizinan di kami)," kata Sugeng, Deputi Gubernur BI, Jumat (6/4/2018). Namun, BI belum merinci siapa bank yang akan masuk di switching Himbara ini.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: BCA akan bergabung di jaringan ATM Himbara Link?

Berita ini telah diklarifikasi oleh BCA melalui berita yang berjudul: BCA Klarifikasi Kabar yang Sebutkan akan Gabung "Switching" Himbara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.