5 Hal yang Harus Dilakukan "Fresh Graduate" agar Sukses di Usia Muda - Kompas.com

5 Hal yang Harus Dilakukan "Fresh Graduate" agar Sukses di Usia Muda

Kompas.com - 09/04/2018, 17:00 WIB
IlustrasiCOSMOPOLITAN.CO.UK Ilustrasi

KOMPAS.com - Kuliah memang tidak menjamin seseorang untuk bisa menjadi sukses. Namun, dengan mendapatkan pendidikan, Anda bisa jauh lebih memahami suatu bidang tertentu yang bisa menunjang kesuksesan.

Jika saat ini Anda sudah selesai kuliah atau baru saja kuliah, welcome to the real life dan setelah kuliah barulah Anda tahu bagaimana hidup ini, terutama di dunia kerja. Ada banyak sekali hal yang harus dipelajari dan hal tersebut bahkan mungkin tidak pernah Anda dapatkan di bangku kuliah.

Jika Anda ingin tahu seperti apa caranya sukses sebagai fresh graduate, simak tips berikut ini untuk memulai karier.

1.Buat CV Terbaik Anda

Ada banyak sekali yang harus Anda siapkan ketika akan memulai kerja sebagai fresh graduate. Anda harus bisa mengatur yang namanya CV atau Curriculum Vitae. Mengapa demikian?
Sebab hal ini sangat penting untuk melamar kerja.

Baca juga : Buat Fresh Graduate, Perusahaan Cari Kandidat yang Punya 8 Kriteria Ini

 

Pertama-tama, Anda harus tahu apa saja yang wajib dicantumkan dalam CV. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan CV atau meminta bantuan orang untuk memeriksa isi CV Anda.

2.Kembangkan Hobi atau Skill Semaksimal Mungkin

Setelah lulus dari perkuliahan, ada baiknya jika Anda mengembangkan skill yang melekat dalam diri Anda. Mengapa demikian? Sebab belum tentu orang akan bekerja sesuai dengan bidang yang dipelajari dalam perkuliahan.

Bisa jadi Anda sukses karena hobi atau skill yang Anda miliki. Apa pun hobi dan skill Anda, kembangkan semaksimal mungkin dengan cara yang benar dan manfaatkan untuk hal yang positif seperti membuat bisnis misalnya.

3.Ikuti Banyak Komunitas Bisnis atau Pengusaha Startup

Salah satu cara untuk memulai karier setelah lulus dari kuliah adalah dengan mengikuti komunitas yang berkualitas. Misalnya, dengan mengikuti komunitas bisnis atau pengusaha startup.

Dengan mengikuti komunitas tersebut, Anda akan jauh lebih banyak mendapat masukan atau belajar dari orang-orang yang ada di sekitar tentang berbisnis atau memulai karier setelah kuliah.

Baca juga : Fresh Graduate Gaji Rp 5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru?

4.Perbanyak Relasi atau Teman

Salah satu cara mempercepat dapat kerja adalah dengan memperbanyak relasi atau teman. Dengan banyaknya teman, tentu akan membuat Anda mudah mendapatkan banyak informasi lowongan pekerjaan. Tentunya ini akan bermanfaat sekali untuk Anda, bukan?

Banyak teman akan membuat Anda banyak pengalaman juga. Anda bisa berbagi cerita atau bahkan bertukar pikiran dengan banyak orang. Jangan ragu untuk berteman dengan banyak teman. Yang terpenting adalah menjaga attitude ketika bersama dengan mereka.

5.Persiapkan Wawancara Dengan Baik

Wawancara adalah salah satu hal yang penting dan wajib Anda persiapkan jauh-jauh hari. Siapkan diri Anda sebaik mungkin sebelum melakukan wawancara. Pastikan jika Anda tahu apa saja yang harus disiapkan untuk menghadapi tahap wawancara.

Pertama, yang mesti Anda persiapkan adalah mencari tahu lokasi diadakannya wawancara. Pastikan jika akses menuju ke sana mudah bagi Anda.

Pastikan kendaraan apa saja yang bisa menjangkau tempat tersebut. Buatlah perkiraan waktu dari tempat tinggal ke tempat tersebut dan berangkatlah lebih awal demi mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan.

Baca juga : Apa Saja Keuntungan Fresh Graduate Gunakan Kartu Kredit?

Kedua, pastikan jika Anda sudah menyiapkan berkas-berkas atau data diri Anda dari A-Z, misalnya riwayat hidup Anda, ijazah, dan lain sebagainya.

Ketiga, gunakan pakaian yang sopan dan pantas untuk dikenakan saat wawancara. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu mencolok dan berdandan secara berlebihan.

Keempat, cari tahu seluk beluk perusahaan dari website-nya atau dari mana pun agar nantinya Anda bisa berbiacara sesuai dengan konteks.

Kelima, attitude adalah hal penting yang harus Anda jaga dalam konteks apa pun agar tidak menjadi sebuah nilai minus dalam penilaian karakter diri orang.

Keenam, jika pihak perusahaan menanyakan gaji, ada baiknya meminta angka yang masuk di akal. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dengan senyuman manis dan sopan terbaik dari diri Anda.

Apakah Fresh Graduate Bisa Mendapatkan Jabatan Tinggi?

Tentu saja bisa. Jangan meremehkan nasib seorang fresh graduate. Sebab mereka bisa jadi orang yang lebih sukses daripada Anda. Karena itu, bagi Anda yang fresh graduate, ada baiknya berpikir positif.

Tahukah Anda jika ada banyak sekali perusahaan atau bisnis yang membuka cabang di kota-kota lain. Banyak dari perusahaan tersebut membuka lowongan dengan posisi sebagai HRD, manager, dan posisi menjanjikan lainnya.

Berusahalah sekuat mungkin selama Anda mampu, tetaplah berpikiran positif, serta tetap mengasah skill dan menjalin banyak relasi demi mendapatkan pengalaman baru.

Artikel ini merupakan konten kerja sama dengan Cermati.com. Kompas.com tidak bertanggungjawab atas isi tulisan. 

Kompas TV Publik dibuat heboh karena pengumuman kebohongan dari "Doktor" Dwi Hartanto.



Close Ads X