Mendag Pastikan Harga Bahan Makanan Jelang Bulan Puasa Stabil

Kompas.com - 09/04/2018, 19:33 WIB
Bahan-bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati pada Selasa (26/12/2017). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIBahan-bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati pada Selasa (26/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan harga dan stok bahan makanan menjelang bulan puasa akan stabil.

Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas perdagangan di seluruh provinsi untuk membicarakan harga beras di pasar-pasar tradisional.

"Kami semua akan turun untuk rapat koordinasi ke provinsi-provinsi, seluruh pedagang beras di pasar tradisional wajib menjual beras medium. Kalau mereka tidak punya stok, kasih tahu kami yang punya stoknya," kata Enggar kepada pewarta di kantornya, Senin (9/4/2018).

Enggar tidak ingin ada alasan dari pedagang tidak bisa jualan beras medium dengan harga yang sesuai hanya karena tidak punya stok untuk dijual.

Selain itu, untuk minyak goreng juga dipastikan aman, termasuk soal penetapan 20 persen dari total produksi harus dalam bentuk minyak goreng curah dan/atau minyak goreng dalam kemasan sederhana seharga Rp 11.000 per liter.

Penetapan ini berlaku untuk produsen minyak goreng yang ada di Indonesia. Harga Rp 11.000 per liter itu sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk minyak goreng.

"Telur dan daging ayam sangat tidak khawatir. Gula tidak ada masalah," tutur Enggar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Khusus bagi daging beku, Enggar menegaskan akan memberi izin impor kepada importir dengan syarat mutlak harga jualnya Rp 80.000 per kilogram. Jika importir tidak dapat menjual dengan harga tersebut, maka Kemendag tidak akan mengeluarkan izin impor.

"Kalau enggak ada yang sanggup, saya impor sendiri. Volumenya boleh berapa saja asal harga jualnya Rp 80.000," ujar Enggar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.