Pertamina Masih Patroli di Perairan Terdampak Ceceran Minyak di Teluk Balikpapan

Kompas.com - 09/04/2018, 21:33 WIB
Petugas dari PT Pertamina melakukan penyemprotan untuk membersihkan solar yang mengotori perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (31/3/2018). Tribun Kaltim/Fachmi RachmanPetugas dari PT Pertamina melakukan penyemprotan untuk membersihkan solar yang mengotori perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (31/3/2018).

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mengatakan hingga saat ini masih siaga berpatroli dan berusaha menuntaskan pembersihan tumpahan minyak di Teluk Balikpapan.

Adapun perusahaan mengklaim bahwa minyak tersebut sebagian besar sudah dibersihkan dan menyisakan lapisan film atau ceceran yang menempel di sejumlah benda.

"Secara visual wilayah perairan Balikpapan sudah bersih, namun masih perlu dilakukan pembersihan sisa-sisa lapisan film minyak. Demikian halnya di titik pemukiman, perlu penanganan khusus sisa-sisa ceceran yang menempel di tanaman dan juga perairan di bawah pemukiman warga," terang Region Manager Communication dan CSR Kalimantan Yudy Nugraha, melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (9/4/2018).

Baca juga : Luhut Buru Pihak yang Menyebabkan Pipa Pertamina Balikpapan Bocor

Pasca terjadinya tumpahan minyak, Pertamina menyampaikan kepada Pemerintah Balikpapan mengenai rencana penanggulangan yang dilakukan di enam titik.

Titik yang dimaksud adalah Area Jetty, Semayang hingga Balikpapan Plaza, Kampung atas Air hingga Kampung Baru Ulu, Penajam, Teluk Balipapan dan Kariangau.

Yudy mengatakan bahwa Area Jetty sebagian besar telah selesai dibersihkan. Sekarang hanya tersisa film minyak tipis yang sedang terus ditanggulangi.

Lalu di area Semayang-Balikpapan Plaza, di sekitar pesisir dan perairan telah ditanggulangi dan secara visual bersih di permukaan. Adapun langkah selanjutnya yang saat ini dilakukan adalah identifikasi area batuan, dinding, maupun material lain yang sempat kontak dengan tumpahan minyak.

Baca juga : Bersihkan Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Pertamina Tambah Kapal

Di Kampung atas air hingga Kampung Baru Ulu, masih terdapat lapisan film pada perairan. Lapisan tersebut bisa saja berasal dari minyak yang terperangkap maupun bersentuhan dengan sampah domestik yang berada di bawah perumahan warga.

Di Penajam, area perairan telah bersih sejak Jumat (6/4/2018) dan terus dilakukan patroli untuk memantau kondisi area tersebut.

Begitu pula dengan area Teluk Balikpapan, sejak hari Jumat (6/4/2018) telah bersih. Namun patroli kapal terus dilakukan sehari 4 kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X