Menlu Retno: Kami Cinta Afrika...

Kompas.com - 10/04/2018, 10:11 WIB
Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi memberikan pidato pembukaan Forum Indonesia-Africa (IAF) 2018 di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/4/2018 KOMPAS.com/APRILIA IKAMenteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi memberikan pidato pembukaan Forum Indonesia-Africa (IAF) 2018 di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/4/2018

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri RI ( Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Indonesia mencintai Afrika. Menurut dia, hal ini terefleksi dari kerja sama yang dilakukan sejak Konferensi Asia Afrika tahun 1955 hingga saat ini dalam Forum Indonesia-Africa (IAF) 2018.

"Mengapa Indonesia menginisiasi IAF 2018? Jawabannya sangat sederhana dan mudah. Karena Indonesia cinta Afrika...," kata Retno disambut tepuk tangan hadirin saat saat pidato dalam pembukaan IAF 2018 di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/4/2018).

Dia menyebutkan, semangat dari KAA 1955 yakni caring, sustainable, dan win-win solution, dibawa ke IAF 2018.

"Kami mempersiapkan acara ini selama satu tahun untuk menunjukkan cinta Indonesia. Acara ini dihadiri 500 partisipan dari Indonesia dan Afrika. Baik dari pihak pemerintah ataupun swasta," ucap Retno.

Baca juga : Indonesia-Africa Forum 2018, Kemendag Dukung Kerja Sama Dagang dengan Afrika 

Menurut dia, pemerintah akan selalu mendukung kerja sama yang dilakukan dengan Afrika. Terutama untuk diplomasi ekonomi, transformasi digital, infrastruktur, konektivitas, sampah serta ekonomi digital dan sebagainya.

Indonesia lanjut dia, ingin menjadi bagian dari pertumbuhan Afrika dan sebaliknya.  "Seperti lagu Waka-waka, this time for Africa..," katanya.

Sebagai informasi, Indonesia-Africa Forum 2018 (IAF 2018) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali pada 10-11 April 2018.

Melalui ajang ini, Indonesia berkomitmen mendorong peningkatan kerja sama dengan 53 negara di Benua Afrika. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung penuh komitmen pemerintah.  Demikian juga dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Berdasarkan catatan Kemendag, total perdagangan Indonesia dengan Afrika pada 2017 mencapai 8,85 miliar dollar AS. Nilai ini meningkat sebesar 15,49 persen dibanding tahun sebelumnya. Produk-produk yang diekspor ke Afrika diantaranya minyak kelapa sawit, tekstil dan produk tekstil, kertas, sabun, dan kopi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X