Terkendala Ketersediaan Pesawat, Garuda Belum Layani Penerbangan ke Luar Negeri dari batam

Kompas.com - 10/04/2018, 14:46 WIB

BATAM, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia Tbk mengakui penerbangan ke luar negeri dari Batam belum bisa dilakukan karena terkendala ketersediaan pesawat dan pola rotasinya.

"Kami akui permintaan memang banyak, namun ketersediaan pesawat dan rotasinya yang menjadi kendala saat ini," kata Sales Manager Garuda Indonesia Batam, Sintha Gustiawaty.

Meski belum ada rencana terbang ke luar negeri dari Batam, Sintha mengakui saat ini perseroan terus melakukan evalusi terkait masukan-masukan yang ada di Batam, Kepulauan Riau. Bahkan masukan tersebut telah lama disampaikan ke kantor pusat.

"Karena bagaimanapun, keputusan tetap berada di kantor pusat, karena untuk membuka rute baru perlu kajian dan pertimbangan yang mendalam, terutama ketersediaan pesawat," jelasnya.

Untuk Batam sendiri memang ada beberapa rute yang diusulkan, diantaranya Batam- Jeddah dan Batam-China.

Bahkan dari hasil pertemuan kemarin dengan beberapa penyelenggara umroh, dapat ditangkap bahwa market di Batam cukup besar.

"Namun itu dia, kami tetap menunggu hasil dari Kantor Pusat, karena seperti yang saya katakan tadi, keterbtasan armada dan rotasinya hal itu yang menjadi kendala besar," ujarnya.

Untuk fasilitas Bandara Hang Nadim di Batam sendiri, Sintha mengaku sudah tidak ada masalah, apalagi bandara sudah internasional.

"Intinya kesiapan dari maskapainya saja lagi," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.