Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkendala Ketersediaan Pesawat, Garuda Belum Layani Penerbangan ke Luar Negeri dari batam

Kompas.com - 10/04/2018, 14:46 WIB
Hadi Maulana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia Tbk mengakui penerbangan ke luar negeri dari Batam belum bisa dilakukan karena terkendala ketersediaan pesawat dan pola rotasinya.

"Kami akui permintaan memang banyak, namun ketersediaan pesawat dan rotasinya yang menjadi kendala saat ini," kata Sales Manager Garuda Indonesia Batam, Sintha Gustiawaty.

Meski belum ada rencana terbang ke luar negeri dari Batam, Sintha mengakui saat ini perseroan terus melakukan evalusi terkait masukan-masukan yang ada di Batam, Kepulauan Riau. Bahkan masukan tersebut telah lama disampaikan ke kantor pusat.

"Karena bagaimanapun, keputusan tetap berada di kantor pusat, karena untuk membuka rute baru perlu kajian dan pertimbangan yang mendalam, terutama ketersediaan pesawat," jelasnya.

Untuk Batam sendiri memang ada beberapa rute yang diusulkan, diantaranya Batam- Jeddah dan Batam-China.

Bahkan dari hasil pertemuan kemarin dengan beberapa penyelenggara umroh, dapat ditangkap bahwa market di Batam cukup besar.

"Namun itu dia, kami tetap menunggu hasil dari Kantor Pusat, karena seperti yang saya katakan tadi, keterbtasan armada dan rotasinya hal itu yang menjadi kendala besar," ujarnya.

Untuk fasilitas Bandara Hang Nadim di Batam sendiri, Sintha mengaku sudah tidak ada masalah, apalagi bandara sudah internasional.

"Intinya kesiapan dari maskapainya saja lagi," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com