Lion Group Beli 50 Pesawat Boeing 737 MAX 10 Senilai Rp 85,5 Triliun

Kompas.com - 10/04/2018, 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lion Air Group meneken pembelian 50 unit pesawat Boeing 737 MAX 10 pada Selasa (10/4/2018). Pembelian puluhan unit pesawat tersebut memiliki nilai kontrak total 6,24 miliar dollar AS atau sekitar Rp 85,5 triliun (kurs Rp 13.700 per dollar AS).

"Pembelian ini merupakan kelanjutan dari komitmen Boeing dan Lion Air Group di Paris Air Show tahun 2017 lalu," kata President and CEO Lion Air Group Edward Sirait saat acara penandatanganan pembelian di Grand Hyatt Jakarta, Selasa sore.

Edward menjelaskan, Boeing 737 MAX 10 merupakan jenis pesawat keluaran terbaru yang memiliki lorong tunggal dan diklaim lebih hemat bahan bakar 20 persen dibanding seri sebelumnya, Boeing 737 MAX 9.

Rencananya, pesawat ini akan digunakan Lion Air Group untuk rute penerbangan jarak jauh, baik ke luar negeri maupun penerbangan dalam negeri yang jarak tempuhnya kurang lebih sama.

Ke-50 pesawat tersebut akan didatangkan dan mulai digunakan secara bertahap hingga tahun 2023 mendatang.

Boeing 737 MAX 10 merupakan jenis pesawat yang terluas di serinya. Dengan total panjang 43,8 meter, pesawat tersebut dapat mengangkut hingga 230 penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.