Melalui T-Cash, Belanja Masyarakat Penerima Bansos Bisa Dikontrol

Kompas.com - 10/04/2018, 20:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel, T-Cash, melaporkan perkembangan proyek kerjasama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dalam membantu penyaluran bantuan sosial tahun 2015-2016.

Head of T-Cash Micro Product Marketing, PT Telekomunikasi Seluler Roy Krisdianto mengungkapkan, secara sederhana, sistem yang diterapkan adalah menyalurkan bansos kepada warga yang membutuhkan dalam bentuk bantuan non tunai, serta dapat mengontrol belanja dari dana yang diberikan.

"Dengan sistem ini, kami bisa mengontrol belanja warga penerima bansos, bekerja sama dengan merchant. Jadi, saldo T-Cash itu hanya bisa belanja beras, telur, minyak goreng dan tidak bisa buat belanja rokok atau pulsa, seperti itu," kata Roy Krisdianto, saat hadir dalam diskusi bersama Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia di Hotel Borobudur, Selasa (10/4/2018).

Menurut Roy, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, pihaknya tinggal mengunci belanja untuk produk tertentu di merchant sehingga dana bansos yang disalurkan bisa tepat sasaran.

Warga yang menggunakan T-Cash, disebut Roy tidak dituntut untuk memiliki ponsel canggih. Dari pilot project selama ini, banyak juga warga yang menggunakan ponsel biasa untuk menggunakan T-Cash.

"Tidak perlu handphone yang canggih dan minimal ada satu handphone untuk satu keluarga," tutur Roy.

Selain untuk penyaluran bansos, ke depan layanan T-Cash didesain untuk memfasilitasi pengiriman uang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang selama ini masih pakai layanan pos.

Untuk mewujudkan hal tersebut, T-Cash bekerja sama dengan Dash dari SingTel di Singapura untuk integrasi layanan pengiriman uang wallet to wallet, yang nantinya akan dikembangkan lagi jadi wallet to bank.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.