BRI Luncurkan Kartu Debit Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional

Kompas.com - 11/04/2018, 19:40 WIB
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) meluncurkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Jakarta, Rabu (11/4/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKOPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) meluncurkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ( BRI) menerbitkan kartu debit dengan cip berlogo Gerbang Pembayaran Nasional ( GPN). Penerbitan kartu debit berlogo GPN tersebut dilakukan untuk semakin memudahkan nasabah BRI dalam menjalankan kebutuhan perbankannya.

"Melalui penerbitan kartu debit berlogo GPN ini kami berharap bisa meningkatkan efisiensi dan kemudahan bagi para nasabah Bank BRI," ucap Direktur Konsumen BRI Handayani, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Dalam kesempatan yang sama Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN Bank Indonesia Pungky P Wibowo mengatakan, penggunaan kartu debit berlogo GPN ini akan memudahkan masyarakat untuk bertransaksi karena fee atau biaya transaksi akan lebih murah.

"Saya harap semua nasabah, termasuk nasabah BRI tidak takut mengganti kartu debitnya dengan yang berlogo GPN karena transaksi antar bank bisa lebih murah dan bahkan bisa tanpa biaya (transfer) ke bank lain," tutur Pungky.

Baca juga: BI: Per Januari 2018, 167 Juta Kartu Debit Beredar di Indonesia

Handayani menyebutkan, kartu debit berlogo GPN ini didukung teknologi cip sehingga semakin memberikan tingkat keamanan lebih tinggi dibandingkan dengan kartu debit dengan teknologi magnetic stripe.

Pada tahap awal, BRI menargetkan bisa menerbitkan 18 juta kartu debit berlogo GPN hingga akhir 2018.

"Sampai akhir tahun ini BRI akan menerbitkan 18 juta kartu debit berlogo GPN. Ini sekaligus jadi pemenuhan 30 persen kartu yang menggunakan cip sesuai dengan ketentuan BI hingga akhir tahun," jelas Handayani.

Dia menambahkan, selain memberikan keuntungan bagi nasabah, kartu debit BRI berlogo GPN ini juga akan memberikan keuntungan bagi para merchant. Pasalnya, kartu ini bisa digunakan di seluruh mesin EDC. Sebelumnya, kartu debit BRI biasa hanya bisa digunakan di mesin EDC BRI saja.

"Sedangkan buat bank jadi enggak perlu menyediakan EDC banyak-banyak ke merchant tersebut," ucap  Handayani.

Untuk mendukung perkembangan dan kebijakan GPN ini, BRI sebelumnya juga telah melaksanakan proses roll out serentak di lebih dari 122.000 EDC merchants BRI pada Januari 2018.

Pada saat ini juga ada lebih dari 24.000 ATM BRI yang sudah mendukung transaksi melalui kartu debit GPN termasuk pada ATM Merah Putih Himbara Link.

"Untuk semakin memperluas penggunaan kartu debit berlogo GPN maka setiap nasabah baru BRI akan diberikan kartu debit dengan logo GPN," kata Handayani.

Caption: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) meluncurkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X