Antisipasi Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Jasa Marga Siapkan 3 Strategi

Kompas.com - 11/04/2018, 19:51 WIB
Direksi Jasa Marga dan Kepolisian saat sampaikan persiapan Lebaran 2018 di Kantor Cabang Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Kamis (11/04/2018) KOMPAS.com/Mutia FauziaDireksi Jasa Marga dan Kepolisian saat sampaikan persiapan Lebaran 2018 di Kantor Cabang Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Kamis (11/04/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Lebaran 2018, PT Jasa Marga Tbk melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi masalah penyebab kemacetan di sepanjang tol Jakarta-Cikampek.

VP Operation Management Jasa Marga Randy L Lukman mengatakan, ada tiga strategi utama yang akan dilakukan Jasa Marga untuk menanggulangi terjadinya kemacetan di sepanjang ruas jalan Jakarta - Cikampek.

"Yaitu mendistribusikan beban lalu lintas, optimalisasi kapasitas jalur, dan percepatan penanganan atau meminimalisir gangguan lalu lintas di sepanjang jalur,"  kata Randy di Kantor Cabang Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Rabu (11/4/2018).

Randy menyebutkan, strategi distribusi beban sudah digunakan sejak tahun lalu. Jadi, ketika Gerbang Tol Cikarang Utama penuh, kendaraan akan dialihkan ke Gerbang Cikarang Barat 3 kemudian berputar balik dan kembali melalui Gerbang Cikarang Barat 1.

Baca juga : Jasa Marga Prediksi Volume Lalu Lintas di Gerbang Tol Cikarang Melonjak 81 Persen saat Lebaran

Untuk gerbang masuk, di Gerbang Tol Cikarang Utama sudah dipersiapkan 20 jalur. Menurut Randy, tahun lalu dengan penggunaan 16 jalur masuk tol sudah cukup untuk mengurangi antrian kendaraan.

Selain itu, pemberlakuan ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur masih akan berjalan hingga H-4 Lebaran.

Jasa Marga pun juga akan melakukan pembatasan jumlah truk golongan III hingga V pada H-3 Lebaran pukul 00.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB untuk arus mudik. Sementara untuk arus balik akan dilakukan pada H+6 Lebaran pukul 00.00 WIB sampai dengan H+8 pukul 24.00 WIB.

Kompas TV Jelang masa mudik lebaran 2018 Kementerian Perhubungan kembali membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X