Supermarket Inggris Tolak Produk Berbahan Baku Minyak Sawit - Kompas.com

Supermarket Inggris Tolak Produk Berbahan Baku Minyak Sawit

Kompas.com - 11/04/2018, 21:24 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

LONDON, KOMPAS.com - Iceland, sebuah ritel supermarket Inggris yang memiliki 900 cabang supermarket dan memiliki spesialisasi di makanan beku, mengumumkan pada Selasa (10/04/2018) akan menghentikan penggunaan minyak kelapa sawit pada berbagai hasil produknya di akhir 2018.

Menurut mereka, hal ini dilakukan karena dampak lingkungan yang dihasilkan dari proses penanaman sawit hingga produksi minyak kelapa sawit.dinilai negatif oleh Iceland. 

Baca juga : Menteri Pertanian: Indonesia Tak Mau Didikte soal Sawit oleh Uni Eropa

Supermarket ini akan mereduksi 130 produk berbahan kelapa sawit. untuk membantu mereduksi permintaan minyak sawit hingga 500 ton per tahun. 

"Kami tidak mempercayai adanya jaminan proses produksi berkelannjutan terhadap penjualan minyak yang tersedia pada pasar bebas,” ujar Managing Director Iceland Richard Walker dikutip melalui CNNMoney, Selasa (10/04/2018).

Lebih lanjut pihak Iceland mengatakan telah menggunakan dana sebesar 7 juta dollar AS untuk mengganti minyak kelapa sawit dengan alternatif lain seperti, miyak biji matahari, rapeseed oil, dan butter.

Sebagai informasi, berdasarkan pernyataan World Wildlife Fund, setengah dari jumlah produk kemasan yang dijual di supermarket, dari shampoo hingga pizza beku di dunia, mengandung minyak kelapa sawit..

Kompas TV Indonesia berhasil memenangkan sengketa dagang dengan Uni Eropa terkait ekspor produk sawit.



Close Ads X