Dua Bank Milik Negara Bakal Buka Cabang di Malaysia

Kompas.com - 11/04/2018, 21:43 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAGubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyebut pihaknya sudah dapat info sejumlah bank asal Indonesia yang berencana buka cabang di Malaysia. Rencana tersebut sejalan dengan Rancangan Undang-Undang (RUU) protokol ke enam komitmen layanan keuangan dalam ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) yang akan dibahas di rapat paripurna DPR RI dalam waktu dekat.

"Saya dengar Bank Mandiri sudah minat buka bank di Malaysia. Satu lagi mungkin di lingkungan bank pemerintah juga," kata Agus usai rapat kerja dengan Komisi XI di gedung DPR RI, Rabu (11/4/2018) malam.

Melalui penerapan UU AFAS, nantinya bank di Indonesia bisa buka cabang sejumlah bank asing yang sudah terlebih dahulu hadir di Tanah Air. Agus mengatakan, saat ini sudah ada dua bank asal Malaysia yang buka cabang di Indonesia, yakni Maybank dan CIMB.

Dari hal tersebut, maka dua bank asal Indonesia nantinya bisa buka cabang juga di Malaysia. Selain dengan Malaysia, pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait juga tengah mengkaji perjanjian kerja sama bilateral dengan Singapura untuk buka cabang di sana.

Baca juga: Komisi XI Setujui RUU AFAS dengan Catatan

"Dengan AFAS, kita punya kesempatan melakukan persetujuan bilateral antara Indonesia-Malaysia, Indonesia-Singapura, dan negara lain di ASEAN. Indonesia bisa memperbaiki posisinya agar tidak hanya negara-negara itu yang punya bank di Indonesia, tapi kita akan masuk ke sana juga," tutur Agus.

Sebelumnya, seluruh fraksi di Komisi XI DPR RI menyatakan setuju dengan Rancangan Undang-Undang (RUU) protokol ke enam komitmen layanan keuangan AFAS. RUU yang sudah dibahas sejak 2015 ini disepakati oleh seluruh fraksi untuk selanjutnya dibahas di tingkat berikutnya melalui rapat paripurna DPR RI.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X