Lebarkan Sayap Bisnis, Malaysia Airlines Berminat Beli 30 Pesawat Berbadan Lebar

Kompas.com - 12/04/2018, 09:30 WIB
Sebuah Airbus A330-300 milik Malaysia Airlines. WikipediaSebuah Airbus A330-300 milik Malaysia Airlines.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Malaysia Airlines dikabarkan berminat membeli 20-30 pesawat berbadan lebar (widebody), baik dari Boeing atau Airbus.

Dikutip dari Business Insider, Kamis (12/4/2018), seorang sumber yang enggan disebutkan identitasnya menyatakan rencana tersebut bila terwujud dapat memperluas atau menggantikan kesepakatan dengan Boeing yang dicapai saat perdana menteri Malaysia ke AS pada tahun 2017 lalu.

Nota kesepakatan dengan Boeing diteken untuk membeli 8 pesawat seri 787 dengan nilai 2,25 miliar dollar AS.

Kesepakatan tersebut mengejutkan, sebab Malaysia Airlines sudah memiliki seluruh pesawat berbadan lebar Airbus.

Sumber tersebut menyatakan pula bahwa meski Malaysia Airlines telah berminat membeli pesawat Boeing 787, maskapai tersebut juga tetap mempertimbangkan untuk membeli pesawat Airbus seri A330neo dan A350.

Menanggapi kabar-kabar tersebut, pihak Malaysia Airlines menyatakan kabar itu spekulatif.

"Tidak ada proses tender seperti yang disebutkan dan nota kesepahaman dengan Boeing tetap ada," ujar pihak Malaysia Airlines.

Bulan lalu, CEO Malaysia Airlines Izham Ismail menyatakan bahwa pihaknya telah menerbitkan permintaan terkait pesawat berbadan lebar generasi baru. Namun, Ismail tak menyebut secara spesifik mengenai jumlah atau tipe modal, maupun kemungkinan membeli pesawat dari Airbus.

Kesepakatan dengan Boeing diumumkan pada saat kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Najib Razak ke AS pada September 2017 silam. Malaysia Airlines sendiri tengah berupaya melakukan transformasi operasionalnya dan kembali meraup untung setelah dua tragedi pada tahun 2014.

Pesawat MH370 hilang hingga kini. Sementara itu, pesawat MH17 jatuh ditembak di wilayah Ukraina.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X