Di Palembang, PLN Siapkan Rp 1,5 Triliun Perkuat Listrik Jelang Asian Games - Kompas.com

Di Palembang, PLN Siapkan Rp 1,5 Triliun Perkuat Listrik Jelang Asian Games

Kompas.com - 13/04/2018, 10:48 WIB
Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto dalam sebuah kesempatan di Nusa Dua, Bali, Kamis (12/4/2018). KOMPAS.com/APRILLIA IKA Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto dalam sebuah kesempatan di Nusa Dua, Bali, Kamis (12/4/2018).

NUSA DUA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menunjukkan komitmennya untuk menyukseskan acara akbar Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018 mendatang. Untuk wilayah Palembang, PLN menyiapkan dana Rp 1,5 triliun untuk penguatan cadangan listrik.

Hal itu dipaparkan oleh Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto dalam sebuah kesempatan di Nusa Dua, Bali, Kamis (12/4/2018).

Menurut dia, dana sebesar itu akan dipakai untuk membangun sejumlah infrastruktur kelistrikan.

Pertama, untuk membangun tiga gardu induk teknologi gas (Gas Insulated Switchgear/GIS) yaitu GIS Kota Barat (60 MVA),  GIS Kota Timur (60 MVA) dan GI Kenten 60 MVA. "Direncanakan semua beroperasi pada Juni 2018," kata Wiluyo.

Baca juga : Jelang Asian Games, PLN Perkuat Listrik di Jakarta-Banten hingga 5 Lapis

Kemudian, PLN membangun 9 penyulang 20 kV baru dengan kabel tanah dan menggunakan sistem spindel kawasan Jakabaring Sport Centre.

Lebih lanjut, PLN juga membangun 18 penyulang baru dari 9 GI untuk perkuatan pasokan Kota Palembang serta Pembangunan suplai listrik untuk gardu traksi LRT.

Wiluyo menyebutkan kebutuhan listrik untuk operasional LRT Palembang 4 megawatt (MW).

"LRT Insya Allah akan datang pada 16 April dan energizing listrik pertama sudah dilakukan 2 bulan lalu, " papar dia. 

PLN juga me-upgrade scada APD Palembang, penambahan fasilitas scada pada gardu-gardu yang memasok listrik JSC dan fasilitas penunjang serta penambahan sarana penunjang operasional seperta kendaraan, komunikasi, material cadangan.

"Kami jamin pasokan listrik aman untuk mendukung kesuksesan Asian Games.  PLN sudah siapkan pengamanan pasokan listrik hingga 3 lapis plus genset, " tuturnya. 

Sebelumnya, khusus untuk wilayah Jakarta dan Banten, akan diperkuat hingga lima lapis cadangan listrik.

Hal itu dipaparkan oleh Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS di Nusa Dua, Bali, Kamis (12/4/2018). Lapisannya yakni PLN 1, PLN 2, PLN 3, genset pelanggan dan kelima UPS (uninterruptible power system).

Baca juga : Selesaikan Proyek 35.000 MW, PLN Gandeng Kejaksaan Agung

"Untuk total cadangan yang disediakan PLN, kami masih koordinasi dengan panitia Asian Games. PLN siap memberikan berapa saja yang diminta panitia, misal untuk tambah AC dan sebagainya. Kami siap memberikan yang terbaik," papar Haryanto.

Upaya PLN untuk menyukseskan Asian Games di Jakarta-Banten bukannya murah. PLN di jakarta harus mengucurkan biaya sekitar Rp 2 triliun untuk melakukan sejumlah perbaikan.

"Kami berkoordinasi untuk penguatan listrik juga dengan Palembang, Bandung, serta Bekasi," pungkas Haryanto.

Kompas TV Pada saat Asian Games nanti, sejumlah pengerjaan proyek LRT juga akan dihentikan sementara.


Komentar
Close Ads X