Ada Gerbong KA Mirip "First Class" di Pesawat, Ini Perkiraan Harga Tiketnya - Kompas.com

Ada Gerbong KA Mirip "First Class" di Pesawat, Ini Perkiraan Harga Tiketnya

Kompas.com - 14/04/2018, 06:08 WIB
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi SukmoroKOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan kedatangan empat unit gerbong sleeper  produksi PT INKA (Persero). Gerbong sleeper  ini menawarkan sensasi perjalanan mirip dengan pengalaman menaiki pesawat terbang first class.

Dengan kelas layanan seperti itu, lantas berapa harga tiketnya saat dioperasikan nanti?

"Tarif sedang dihitung, mudah-mudahan satu dua hari ini sudah bisa keluar. Tapi kalau menurut saya, (harga tiket) di atas Rp 900.000 karena yang (kereta) prioritas sudah segitu harganya," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro kepada pewarta di Stasiun Gambir, Jumat (13/4/2018).

Perkiraan harga di atas Rp 900.000 itu disebut Edi untuk perjalanan kereta jarak jauh, semisal dari Jakarta ke Surabaya. Adapun disebut gerbong sleeper karena penumpangnya bisa mengatur tempat duduk mereka hingga jadi tempat tidur, serupa dengan first class di pesawat terbang.

Baca juga: PT KAI Segera Luncurkan Kereta Sleeper

Edi menjelaskan, standar atau kelas untuk gerbong sleeper ini ada satu tingkat di atas gerbong priority. Adapun tingkatan kelas layanan kereta api dimulai dari kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, dan priority yang nantinya akan ditambah satu lagi yaitu sleeper.

Dari empat gerbong tersebut, nantinya akan disertakan masing-masing satu gerbong di rangkaian kereta reguler jarak jauh yang sudah beroperasi saat ini. Hal itu sengaja dilakukan untuk melihat terlebih dahulu bagaimana respons pasar terhadap kehadiran layanan gerbong yang mewah tersebut.

Sebagai gambaran, berdasarkan salah satu laman penjualan tiket, traveloka.com, harga perjalanan pesawat dari Jakarta ke Surabaya pada hari normal ada pada rentang Rp 400.000 hingga Rp 700.000. Sedangkan harga tiket kereta kelas eksekutif Jakarta-Surabaya berkisar antara Rp 400.000 sampai Rp 500.000.



Close Ads X