Kompas.com - 15/04/2018, 10:39 WIB
Ilustrasi transaksi non-tunai menggunakan smartphone. ThinkstockIlustrasi transaksi non-tunai menggunakan smartphone.

KOMPAS.com - Salah satu manfaat dari perkembangan teknologi digital adalah kecepatan. Dalam hal transaksi keuangan, jika beberapa tahun lalu pembayaran tunai masih menjadi pilihan utama, kini masyarakat mulai melakukan transaksi secara non-tunai dengan alasan kecepatan dan kepraktisan.

Teknologi finansial (tekfin) atau fintech hadir untuk menyediakan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan akan kecepatan tersebut.

Selain itu, adanya smartphone yang semakin canggih dengan harga yang semakin terjangkau, serta layanan infrastruktur telekomunikasi yang senantiasa ditingkatkan kualitasnya, turut mengubah kebiasaan masyarakat.

Seperti yang dapat dilihat pada survei yang dilakukan oleh JakPat Mobile Survey terhadap 2.384 responden di seluruh Indonesia, lebih dari separuh responden melakukan transaksi isi ulang pulsa atau beli paket data secara non-tunai.

Selain itu, membayar pesan antar makanan, bayar transportasi umum, hingga belanja di minimarket juga banyak dilakukan secara non-tunai. Lebih menghemat waktu, tenaga dan tentunya, uang.

Daftar transaksi nontunai yang biasa dilakukan oleh masyarakatDok. AfTech Daftar transaksi nontunai yang biasa dilakukan oleh masyarakat

Kebijakan Pemerintah untuk Melindungi Konsumen

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tumbuh pesatnya kegiatan pembayaran non-tunai mendapat perhatian besar dari regulator. Tingginya jumlah masyarakat Indonesia yang belum tersentuh jasa layanan keuangan menunjukkan bahwa penetrasi pembayaran non-tunai masih perlu ditingkatkan.

Berbagai regulasi telah dikeluarkan untuk mendukung transaksi non-tunai, termasuk Peraturan Bank Indonesia (PBI) no. 18/17/PBI/2016 tentang uang elektronik. Selain itu, pemerintah juga menerbitkan PBI No.19/8/PBI/2017 mengenai Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateway / NPG).

Kebijakan pemerintah tersebut memberikan manfaat dalam melakukan transaksi non-tunai, seperti:

1.Penyelenggara pembayaran non-tunai terdaftar di Bank Indonesia.

Halaman:


Sumber AFTECH
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.