Ganjil Genap di Tol Tangerang-Jakarta, Bus Gratis Disiapkan - Kompas.com

Ganjil Genap di Tol Tangerang-Jakarta, Bus Gratis Disiapkan

Kompas.com - 15/04/2018, 19:30 WIB
Antrean kendaraan di Tol Tangerang-Jakarta di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mencapai lebih dari 3,5 kilometer, Senin (21/1/2013). Lalu lintas Jakarta kebali ramai setelah sekitar lima hari lengang karena banjir.KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Antrean kendaraan di Tol Tangerang-Jakarta di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mencapai lebih dari 3,5 kilometer, Senin (21/1/2013). Lalu lintas Jakarta kebali ramai setelah sekitar lima hari lengang karena banjir.

TANGERANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan bersama sejumlah pemangku kepentingan menyiapkan bus untuk mengangkut pengguna kendaraan pribadi dalam rangka pelaksanaan uji coba paket kebijakan di tol Tangerang-Jakarta.

Salah satu operator bus wisata yang bekerja sama, Royal Platinum, menggratiskan layanannya mulai Senin besok.

"Kami gratiskan selama empat hari, dari tanggal 16 sampai 20 April 2018. Setelah itu baru berbayar," kata Direktur PT Royal Platinum Asmat Machmud saat ditemui Kompas.com di acara peluncuran layanan bus premium di Mal Alam Sutera, Minggu (15/4/2018).

Satu dari sejumlah paket kebijakan di tol Tangerang-Jakarta itu adalah penerapan sistem ganjil genap bagi pengguna kendaraan pribadi.

Baca juga : Ingat! Ganjil Genap Tol Tangerang Mulai Diuji Coba Senin Besok

Dengan adanya bus premium ini, diharapkan mereka bisa beralih ke angkutan umum hingga kepadatan volume kendaraan di tol Tangerang-Jakarta selama ini bisa berkurang.

Masyarakat bisa menaiki bus wisata Royal Platinum ini dari halte Flavor Bliss di Alam Sutera. Bus akan berangkat tiap setengah jam sekali, mulai dari pukul 06.00 hingga 07.30 WIB dengan rute menuju Bendungan Hilir, Tosari, dan Sudirman.

Setelah masa gratis berakhir, tarif yang dikenakan untuk satu kali perjalanan adalah Rp 22.500. Transaksi hanya bisa dilakukan secara non tunai menggunakan kartu Flazz BCA.

Baca juga : Belum Ada Tilang Selama Uji Coba Ganjil Genap di Tol Tangerang

Selain bersama Royal Platinum, Kemenhub juga bekerja sama dengan operator bus lain untuk mengangkut pengguna kendaraan pribadi dari Tangerang. Operator bus yang dimaksud adalah Perum PPD dan JR Connexion.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan, uji coba paket kebijakan di tol Tangerang-Jakarta mulai berjalan Senin (16/4/2018) esok. Selain ganjil genap, bagian dari paket kebijakan tersebut adalah jalur khusus bus dan larangan kendaraan besar dengan tiga sumbu ke atas melintas di sana.

Larangan yang dimaksud diberlakukan tiap pukul 06.00 hingga 09.00 WIB, bertepatan dengan jam berangkat kerja. Uji coba paket kebijakan di tol Tangerang-Jakarta ini akan berlangsung satu bulan ke depan.

Kompas TV Menurut rencana, sistem ini akan disosialisasikan dalam waktu dekat.


Komentar
Close Ads X