Cerita Menhub Bekerja dengan Sri Mulyani, Sang Menkeu Terbaik di Asia Pasifik - Kompas.com

Cerita Menhub Bekerja dengan Sri Mulyani, Sang Menkeu Terbaik di Asia Pasifik

Kompas.com - 16/04/2018, 08:08 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek east cross taxiway di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (15/4/2018).KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek east cross taxiway di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (15/4/2018).

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menceritakan kesannya selama bekerja sama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hal ini diungkapkan ketika pewarta meminta tanggapan Budi perihal penghargaan Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik tahun 2018 untuk Sri Mulyani, versi majalah keuangan FinanceAsia, beberapa waktu lalu.

"Saya menyampaikan selamat kepada Bu Sri Mulyani, itu menandakan Ibu Sri Mulyani memiliki kapasitas yang baik sekali, diapresiasi oleh mancanegara," kata Budi usai kunjungan ke proyek di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (15/4/2018).

Menurut Budi, Sri Mulyani turut memberi terobosan berupa solusi dalam pengadaan proyek skala besar, salah satunya proyek light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek). Solusi yang ditawarkan adalah dalam hal pendanaan, di mana selama ini proyek kereta kebanyakan mengandalkan APBN, kini bisa memakai skema korporasi.

"Jadi, Bu Sri Mulyani tidak hanya mahir dalam merencanakan, tetapi dalam eksekusi ide-idenya sangat baik dan sangat berguna untuk Indonesia," tutur Budi.

Baca juga: Soal Putusan Praperadilan Kasus Century, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Contoh lain adalah ketika Budi menemukan kendala salah satu proyek di Pare-Pare, Makassar, Sulawesi Selatan. Kendala itu dia sampaikan kepada Sri Mulyani dalam sebuah kesempatan kunjungan kerja bersama di Medan.

Tidak lama setelah itu, Sri Mulyani langsung berkomunikasi dengan direktur BUMN terkait dan komunikasi berjalan lancar hingga proyeknya terus berjalan sampai saat ini. Terlepas dari contoh-contoh yang diberikan, Budi turut memastikan komunikasi antara dirinya dengan Sri Mulyani dan menteri lain di Kabinet Kerja berlangsung cair dan saling mendukung.

"Di satu sisi, saya butuh dukungan policy. Di sisi lain, saya memberikan kepastian bahwa proyek itu bermanfaat untuk bangsa," tutur Budi.

Sebelumnya, Sri Mulyani sudah dinobatkan sebagai Menteri Terbaik Dunia dalam acara World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab. Adapun penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik dari FinanceAsia juga sempat diraih Sri Mulyani pada tahun lalu.

Baca juga: Sri Mulyani Jadi Menteri Terbaik Dunia Versi World Government Summit

Kompas TV Tidak hanya di Istana Kepresidenan, di proyek infrastruktur pun Presiden Jokowi bertemu dengan elit parpol, kali ini dengan Ketum Nasdem Surya Paloh.



Close Ads X