Sambut Revolusi Industri 4.0, Pemerintah Genjot Pendidikan SDM Lokal

Kompas.com - 16/04/2018, 12:39 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menghadiri Forum Merdeka Barat di Gedung Kemenkominfo, Jakarta Pusat, untuk membahas kesiapan Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0, Senin (16/4/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKOMenteri Perindustrian Airlangga Hartarto menghadiri Forum Merdeka Barat di Gedung Kemenkominfo, Jakarta Pusat, untuk membahas kesiapan Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0, Senin (16/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan menggenjot pendidikan sumber daya manusia (SDM) lokal guna mendukung pengembangan Revolusi Industri 4.0 di dalam negeri. Kompetensi antar SDM lokal sangat dibutuhkan agar Indonesia tak hanya menjadi penonton dalam Revolusi Industri 4.0.

"Kita punya modal talent cukup besar karena universitas di dalam negeri ini sangat banyak. Jadi potensi ini cukup untuk menyongsong era digital dalam Revolusi Industri 4.0," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menghadiri Forum Merdeka Barat (FMB) di Gedung Kemenkominfo Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).

Kendati punya potensi besar, Airlangga merasa SDM lokal ini masih perlu didorong menggunakan pelatihan ilmu yang sesuai dengan ekonomi digital dalam Revolusi Industri 4.0.

Hal tersebut juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin mendorong pendidikan SDM lokal.

Baca juga: Dua Faktor Ini Bisa Jadikan Indonesia Pemain Kunci Industri 4.0 di Asia

"Sesudah infrastruktur, Pak Presiden mendorong untuk pendidikan SDM. Tahun ini vokasinya akan digenjot kemudian setelah vokasi ada di level politeknik. Kemudian di Kemnakertrans juga ada re-skilling agar kebutuhan untuk skill baru dilakukan di pelatihan-pelatihan," jelas Airlangga.

Airlangga juga menambahkan, pihaknya akan mendorong perguruan-perguruan tinggi untuk membuka akses sebanyak-banyaknya terhadap Internet of Things (IoT) yang menjadi basis Revolusi Industri 4.0.

"Selain itu, perguruan tinggi juga akan didorong membuka mata kuliah-mata kuliah wajib berikutnya terkait digitalisasi seperti coding, kemudian masalah analisa data atau artificial intelligence atau statistik yang bisa menjadi kunci pengembangan SDM siap menyongsong era digitalisasi," papar dia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.