Menperin Sebut Apple Bakal Buka 3 Pusat Riset Lagi di Indonesia - Kompas.com

Menperin Sebut Apple Bakal Buka 3 Pusat Riset Lagi di Indonesia

Kompas.com - 16/04/2018, 12:52 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (30/8/2017).KOMPAS.com/IHSANUDDIN Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (30/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyebutkan perusahaan teknologi multinasional Apple Inc akan menambah pusat risetnya di Indonesia.

"Apple ini akan mendorong inovasi di sini. Salah satunya akan membangun di BSD, membangun tiga center lagi dan center di Indonesia ini adalah yang ketiga sesudah Brasil serta Italia," ucap Airlangga kepada wartawan selepas Forum Merdeka Barat di Gedung Kemenkominfo Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).

Masuknya Apple ke Indonesia merupakan salah satu langkah pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pemain dalam Revolusi Industri 4.0.

Airlangga yakin, dengan masuknya perusahaan teknologi digital seperti Apple akan mampu membuka lapangan pekerjaan yang terkait Revolusi Industri 4.0, terutama di sektor teknologi digital.

Baca juga: Goldman: Perusahaan Teknologi Bakal Berperang di Indonesia

"Jadi pemerintah akan mendorong ke sana sehingga Indonesia akan menjadi the next digital economy hub dan dunia sudah melihat potensinya sehingga ini harus dimanfaatkan," sebut  Airlangga.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Ngakan Timur Antara menyatakan, tidak hanya Apple yang akan membuka pusat risetnya di Indonesia, melainkan ada perusahaan di bidang yang sama akan melakun hal serupa seperti Apple.

"Ya nantinya juga akan ada Samsung, Welcomm, dan lainnya. Tetapi untuk Apple ini memang sudah di sini, untuk berapa nilai investasinya di sini saya enggak tahu ya. Pokoknya dia komitmen di sini," sebut Timur.

Kompas TV Antrean fans di gerai Apple tidak sebanyak tahun sebelumnya



Close Ads X