Gandeng Bank Mandiri, Jamkrindo Beri Penjaminan Kredit untuk UMKM Konstruksi - Kompas.com

Gandeng Bank Mandiri, Jamkrindo Beri Penjaminan Kredit untuk UMKM Konstruksi

Kompas.com - 16/04/2018, 13:57 WIB
Direktur Utama Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) Randi Anto selepas acara Pendandatanganan Perjanjian Kerjasama Asuransi dan Penjaminan Perkreditan di Kementerian BUMN, Senin (16/4/2018).KOMPAS.com/Mutia Fauzia Direktur Utama Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) Randi Anto selepas acara Pendandatanganan Perjanjian Kerjasama Asuransi dan Penjaminan Perkreditan di Kementerian BUMN, Senin (16/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) memberi penjaminan kredit yang disalurkan Bank Mandiri kepada pelaku usaha mikro, kecil, menengah atau koperasi (UMKMK) yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan pengadaan barang, Senin (16/4/2018).

Sumber dana pengembalian jaminan ini berasal dari APBN/APBD/BUMN. Sementara untuk nilai maksimal proyek yang dapat diberi penjaminan oleh Jamkrindo adalah Rp 5 miliar.

Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto selepas acara menjelaskan, latar belakang dari pemberian jaminan ini adalah pembangunan infrastuktur yang sedang gencar dilakukan beberapa waktu belakangan ini.

"Selama ini kami sudah melakukan penjaminan konstruksi, baik dengan bank lain ataupun secara langsung. Untuk prospek memang sangat bagus," ujarnya.

Dirinya menjelaskan sasaran penjaminan kredit konstruksi ini bukanlah kontraktor utama, tetapi subkontraktor dan vendor yang ada di bawahnya.

"Untuk Jamkrindo, karena memang sasaran kami adalah UMKMK yang mau diambil adalah trickel down di bawahnya," ujarnya lebih lanjut.

Kerjasama ini merupakan langkah strategis guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis untuk meningkatkan sinergi serta kelancaraan kegiatan bisnis kedua belah pihak dengan prinsip saling menguntungkan.

“Kerjasama ini sangat strategis dan bertujuan lebih meningkatkan kinerja kedua belah pihak, sekaligus volume penjaminan di Perum Jamkrindo,” ujarnya.

Selain Bank Mandiri melakukan penandatanganan kerjasama dengan Jamkrindo, juga dilakukan penandatangan kerjasama antara Bank Mandiri dengan PT Askrindo , PT Jasindo , PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asuransi Asei Indonesia.



Close Ads X