Kementerian BUMN Jajaki Pembentukan Holding Asuransi

Kompas.com - 16/04/2018, 20:30 WIB
Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian BUMN sedang melakukan proses realisasi holding BUMN asuransi yang diproyeksikan rampung pada Semester II tahun 2018 ini.

Deputi Kementerian BUMN Bidang Jasa Usaha Keuangan Gatot Trihargo menjelaskan proses holding ketiga perusahaan asuransi di bawah Jasa Raharja ini masih berada pada tahap awal.

Dirinya mengatakan, pihak Kementerian BUMN masih mengkaji urgensi dari holding asuransi ini.

"Model ini (holding asuransi) kita masih berada di tahap awal, untuk realisasinya tergantung urgensi. Karena saat ini ada tiga holding lain, yaitu jalan tol, perumahan, dan keuangan," jelas Gatot kepada Kompas.com di Kementerian BUMN, Kamis (16/4/2018).

Gatot melanjutkan wacana holding asuransi ini sudah digaungkan dan didiskusikan sejak tahun lalu.

Meskipun belum mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) namun dirinya berharap proses holding asuransi ini dapat selesai pada Semenster II tahun 2018.

Gatot memaparkan, holding company yang akan ditunjuk adalah Jasa Raharja yang akan membawahi tiga BUMN Asuransi, yaitu PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan Reasuransi Indonesia Umum Indonesia.

"Sementara untuk Jamkrindo, karena dia perusahaan umum, mungkin akan terpisah," ujar Gatot.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X