Sri Mulyani Ungkap Momentum pada 2018 yang Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 17/04/2018, 00:35 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan ada momentum selama setahun ini yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi mencapai target yang ditetapkan pemerintah, yakni 5,4 persen.

Momentum ini diawali dengan realisasi APBN kuartal I 2018, di mana sebagian besar indikator menunjukkan kondisi yang sehat, salah satunya penerimaan perpajakan yang meningkat.

"Pada kuartal II nanti, kami akan buat sesuatu yang lebih positif. Ada puasa, Lebaran, pemerintah akan membayarkan THR (Tunjangan Hari Raya), gaji ke-13 yang semua momentumnya akan positif," kata Sri Mulyani saat menggelar konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).

Dia berharap, pemerintah dengan kementerian dan lembaga terkait bisa sama-sama menjaga stabilitas harga pangan, terutama menjelang bulan puasa dan Lebaran mendatang. Momentum positif akan dilanjutkan pada kuartal III, di mana ada perhelatan Asean Games pada bulan Agustus yang dinilai dapat membawa dampak ekonomi lebih baik lagi.

"Kuartal IV akan ada IMF/World Bank Annual Meeting. Jadi, sepanjang tahun ini kita akan punya momentum-momentum yang bisa menjaga itu," tutur Sri Mulyani.

Meski dipastikan akan menjalani momentum seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Sri Mulyani tetap memandang perlu langkah antisipasi dalam rangka menyikapi ketidakpastian kondisi global, seperti perang dagang maupun kenaikan tingkat suku bunga.

"Kalau hanya dari sisi domestik, semuanya positif," ujar Sri Mulyani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.