Berita Populer: Soekarno-Hatta Ungguli Changi hingga Komisaris Alfamart Mundur - Kompas.com

Berita Populer: Soekarno-Hatta Ungguli Changi hingga Komisaris Alfamart Mundur

Kompas.com - 17/04/2018, 07:18 WIB
Pesawat terparkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (15/3/2018).KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Pesawat terparkir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (15/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Airports Council International (ACI) merilis 20 bandara tersibuk di dunia beberapa waktu lalu.  

Meski masih belum masuk 10 besar, dalam daftar tersebut Bandara Soekarno-Hatta menempati posisi 17. Namun posisi ini cukup untuk menggungguli Bandara Internasional Changi di Singapura (posisi 18), Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan (posisi 19), atau pun Bandara Internasional Denver di Colorado (posisi 20).

Berita mengenai keunggulan Bandara Soekarno-Hatta tersebut menjadi salah satu berita populer awal pekan kemarin.

Sementara berita lain yang menjadi perhatian pembaca Kompas.com adalah mengenai Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang baru pulang dari China dengan membawa perjanjian kerja sama senilai 23,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 310 triliun.

Berikut 5 berita populer kanal Ekonomi Kompas.com:

1. Ketika Bandara Soekarno-Hatta Kalahkan Changi...

Baru-baru ini, Bandara Internasional Soekarno-Hatta masuk dalam jajaran 20 bandara tersibuk di dunia untuk tahun 2017. Bandara Soekarno-Hatta berada pada peringkat ke-17 dalam daftar yang dirilis oleh Airports Council International (ACI) tersebut.

Sepanjang tahun 2017, Bandara Soekarno-Hatta mencatatkan jumlah penumpang sebanyak 63 juta penumpang. Yang menarik, dalam daftar tersebut, bandara yang berlokasi di Tangerang, Banten itu berhasil mengalahkan Bandara Internasional Changi di Singapura yang mencatatkan jumlah penumpang sebesar 62,22 juta penumpang. Padahal, Bandara Changi merupakan salah satu hub transportasi terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu, bandara tersebut juga mempertahankan statusnya sebagai Bandara Terbaik Dunia versi Skytrax selama 6 tahun berturut-turut. Dari sisi luasan, Bandara Changi mencapai 13 kilometer persegi. Sementara itu, Bandara Soekarno-Hatta tercatat memiliki luasan 18 kilometer persegi.

Baca selengkapnya: Ketika Bandara Soekarno-Hatta Kalahkan Changi...


2. Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun

Indonesia terus memperluas kerja sama dengan China. Rombongan pemerintah yang dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan meneken berbagai perjanjian kerja sama antara perusahaan Indonesia dan China pada Jumat (13/4/2018) senilai 23,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 310 triliun.

Luhut menyatakan Indonesia dan China menyepakati dua nota kesepahaman (MoU), yakni pengembangan mobil listrik dan pengembangan Tanah Kuning Mangkupadi Industrial Park di Kalimantan Utara.

Selanjutnya, ada lima kontrak kerja sama yang telah ditandatangani. Kontrak pertama, pengembangan proyek hydropower di Kayan, Kalimantan Utara senilai 2 miliar dollar AS. Kedua, pengembangan industri konversi dimethyl ethercoal menjadi gas senilai 700 juta dollar AS.

Ketiga, perjanjian joint venture untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga air di Sungai Kayan, Kalimantan Utara senilai 17,8 miliar dollar AS. Keempat, joint venture pengembangan pembangkit listrik di Bali senilai 1,6 miliar dollar AS. Kelima, pengembangan smelter baja senilai 1,2 miliar dollar AS.

Baca selengkapnya: Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun


3. Pudjianto, Komisaris Alfamart Mengundurkan Diri

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) pemegang jaringan ritel Alfamart mengumumkan pengunduran diri Pudjianto dari jajaran komisaris perseroan. Pengunduran diri Pudjianto tertuang dalam surat yang dilayangkan kepada Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen tertanggal 13 April 2018.

Mengutip laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (16/4/2018), Corporate Secretary Alfaria Tomin Widian menyebut, pengunduran diri Pudjianto diajukan pada tanggal 15 Januari 2018 lalu. Perseroan, kata Tomin, pada saat itu menerima surat pengunduran diri Pudjianto.

"Pada tanggal 15 Januari 2018, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk telah menerima surat pengunduran diri Bapak Pudjianto dari jabatannya sebagai anggota Dewan Komisaris," kata Tomin.

Tidak diketahui alasan pengunduran diri Pudjianto. Meskipun demikian, dalam suratnya, Tomin menyatakan pengunduran diri Pudjianto dari jabatannya sebagai komisaris tidak berdampak kepada kinerja perseroan.

Baca selengkapnya: Pudjianto, Komisaris Alfamart Mengundurkan Diri


4. BCA Luncurkan Kartu Debit GPN yang Dilengkapi "Chip"

PT Bank Central Asia Tbk meluncurkan rangkaian kartu debit yang dilengkapi logo Gerbang Pembayaran Nasional ( GPN) dan teknologi chip. Rangkaian kartu debit berlogo Garuda tersebut hadir dalam paspor debit, paspor debit gold, dan paspor debit platinum.

Direktur BCA Santoso mengungkapkan, peluncuran kartu debit berlogo Garuda tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional. Ini guna mewujudkan terciptanya efisiensi sistem pembayaran, meningkatkan keamanan, dan memperkuat kemandirian sistem pembayaran nasional.

"Peluncuran kartu paspor BCA GPN merupakan wujud komitmen BCA untuk mendukung pemerintah dalam mengoptimalkan pemrosesan transaksi dalam negeri," kata Santoso dalam acara peluncuran kartu debit BCA GPN di Menara BCA, Senin (16/4/2018).

Baca selengkapnya: BCA Luncurkan Kartu Debit GPN yang Dilengkapi Chip


5. Goldman: Perusahaan Teknologi Bakal "Berperang" di Indonesia

Bank Investasi Goldman Sachs Group Inc. memprediksi bahwa perusahan-perusahaan teknologi bakal "berperang" di Indonesia memperebutkan pangsa besar yang potensial. 

Besarnya populasi penduduk, tingginya pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan pasar-pasar yang belum tersentuh, membuat Indonesia menjadi ajang pertempuran perusahaan-perusaaan tersebut.

Laporan yang disusun para analis pimpinan Miang Chuen Koh itu menyebutkan bahwa terdapat dua sektor yang akan memberikan diperkirakan bisa meraih keuntungan besar, yakni game dan e-commerce.

Goldman juga memaparkan banyak perusahaan besar berbasis teknologi yang telah melakukan investasi besar-besaran kepada industri negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, beberapa tahun belakangan ini.

Baca selengkapnya: Goldman: Perusahaan Teknologi Bakal Berperang di Indonesia 



Close Ads X