Kuartal I 2018, Ekonomi China Tumbuh 6,8 Persen - Kompas.com

Kuartal I 2018, Ekonomi China Tumbuh 6,8 Persen

Kompas.com - 17/04/2018, 12:51 WIB
Bendera Republik Rakyat ChinaThe Guardian Bendera Republik Rakyat China

BEIJING, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi China pada kuartal I 2018 tercatat sebesar 6,8 persen secara tahunan (yoy). Angka tersebut sedikit di atas ekspektasi dan tidak berubah dibandingkan pada kuartal sebelumnya.

Dikutip dari Reuters, Selasa (17/4/2018), data resmi yang dirilis pemerintah China menunjukkan terus berlanjutnya resiliensi pada ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut. Ini terjadi meski ekspor dibayangi meningkatnya ketegangan dengan AS, mitra dagang terbesar China.

China dan AS dalam beberapa waktu terakhir saling menebar ancaman berupa penerapam tarif impor. Presiden AS Donald Trump menuding China melakukan praktik perdagangan tidak adil dan mencuri kekayaan intelektual AS.

Para analis yang dipolling oleh Reuters mengekspektasikan pertumbuhan ekonomi China mencapai 6,7 persen pada kuartal I 2018. Angka ini sedikit melambat dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada dua kuartal sebelumnya yang mencapai 6,8 persen.

Baca juga: BPS: Ada Perang Dagang antara AS dan China, Ekspor RI Masih Aman

Capaian pertumbuhan ekonomi tersebut berada di atas target pemerintah, yakni sekitar 6,5 persen untuk keseluruhan tahun 2018. Capaian tersebut pun memungkinkan pemerintah China untuk lebih percaya diri dalam mengambil langkah untuk menurunkan risiko di sistem keuangan.

Dalam tataran kuartalan, pertumbuhan ekonomi China pada kuartal I 2018 tumbuh 1,4 persen. Angka ini dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal IV 2017 yang mencapai 1,6 persen, menurut data Biro Statistik Nasional.



Close Ads X