Ini Kiat Membawa Merek Indonesia ke Pasar Ekspor - Kompas.com

Ini Kiat Membawa Merek Indonesia ke Pasar Ekspor

Kompas.com - 17/04/2018, 18:20 WIB
Eksportir perlu menyiapkan langkah dan strategi. Mereka diharapkan tidak hanya terfokus pada keuntungan semata, tetapi juga maintenance bisnis yang sedang dijalankannya.Shutterstock Eksportir perlu menyiapkan langkah dan strategi. Mereka diharapkan tidak hanya terfokus pada keuntungan semata, tetapi juga maintenance bisnis yang sedang dijalankannya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar tujuan ekspor produk asal Indonesia hingga kuartal pertama 2018 ini berpeluang makin terbuka ke tujuan baru. Agar sukses menembus pasar tersebut, beberapa hal sebagaimana disampaikan Direktur Hubungan Korporasi PT Multi Bintang Indonesia Tbk Bambang Britono kepada Kompas.com ini patut disimak.

Sebelumnya, pada Selasa (17/4/2018), usai berbicara dalam paparan publik tahunan perusahaan yang memproduksi Bir Bintang itu, Bambang menerangkan bahwa sejak 2017, Multi Bintang Indonesia menjual Bir Bintang ke Inggris. "Ini pasar yang baru sesudah Jepang, Australia, dan Singapura," tuturnya.

Bambang lebih lanjut menjelaskan, pihaknya menemukan bukti bahwa Bir Bintang sudah dikenal sebagai brand atau merek asal Indonesia. "Bir Bintang mulai banyak diminati di mancanegara. Ini karena pariwisata," tuturnya.

Berbekal itulah, lanjut Bambang perlahan tapi pasti pihaknya membangun pemahaman bagi pasar di Inggris. Ia bercerita, pada menjelang Natal 2017, Bir Bintang dijual di jaringan supermarket Morrisons. "Bir Bintang dikategorikan sebagai bir premium," ujarnya. (Baca: Bir Bintang Resmi Dijual di Inggris)

Sejak 2017, Bir Bintang di Inggris Raya dimasukkan dalam jajaran bir premium. Foto dari PT Multi Bintang Indonesia Tbk menunjukkan Bir Bintang di jaringan supermarket Morrisons.Dokumentasi PT Multi Bintang Indonesia Tbk Sejak 2017, Bir Bintang di Inggris Raya dimasukkan dalam jajaran bir premium. Foto dari PT Multi Bintang Indonesia Tbk menunjukkan Bir Bintang di jaringan supermarket Morrisons.

Bambang melanjutkan, pihaknya menyadari bahwa membangun pemahaman publik mengenai brand di lokasi pasar yang baru terbilang relatif lama. Lantaran itulah, pihaknya mulai membangun basis konsumen yang makin kuat.

Salah satu cara yang ditempuh adalah memperkenalkan Indonesia dengan berbagai keunikannya. Bambang mengatakan pula bahwa pihaknya mengupayakan bahwa Bir Bintang adalah bagian dari citra Indonesia. "Jadi, bukan hanya jumlahnya tapi kita juga mengekspor budaya, kita mengekspor karya Anak Bangsa," pungkas Bambang Britono.

Sementara itu, dalam penjelasannya, Presiden Direktur PT Multi Bintang Indonesia Tbk Michael Chin mengatakan terdapat kenaikan empat persen pendapatan emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) berkode MLBI itu dari Rp 3,26 triliun pada 2016 menjadi Rp 3,39 triliun pada 2017.

Presiden Direktur PT Multi Bintang Indonesia Tbk Michael Chin.Kompas.com/Josephus Primus Presiden Direktur PT Multi Bintang Indonesia Tbk Michael Chin.



Close Ads X