Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Kereta KEK Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung Rampung Juli 2018

Kompas.com - 17/04/2018, 20:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri memastikan jalur kereta api (KA) dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei hingga Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara rampung pada pertengahan 2018.

"Untuk jalur kereta dari Sei Mangkei ke Pelabuhan Kuala Tanjung itu kemungkinan Juli ini selesai," tutur Zulfikri di Gedung Kemenhub, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Jalur KA KEK Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung ini dibangun sepanjang 39,5 kilometer dan dibangun dalam beberapa tahap sejak 2011 silam.

Tahapan-tahapan itu di antaranya dari Sei Mangkei-Perlanaan sepanjang 2,95 kilometer. Kemudian Perlanaan-Gunung Bayu dengan panjang 4 kilometer dan Bandar Tinggi-Perlanaan sepanjang 15 kilometer serta Bandar Tinggi-Kuala Tanjung sepanjang 21,5 kilometer.

"Nah untuk sekarang ini tinggal Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, hampir 80 persen saya kira. Juli ini bisa kita selesaikan," imbuh Zulfikri.

Zulfikri pun yakin dengan pengoperasian jalur KA KEK Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung akan memudahkan perjalanan logistik maupun orang dari dua lokasi tersebut.

"Dengan pengoperasian KA Sei Mangkei-Kuala Tanjung diharapkan bisa memiliki kapasitas angkut 750 ton sekali jalan per hari, menambah kapasitas lintas perjalanan KA menjadi 9 pp per hari dengan waktu tempuh 40 menit dari KEK Sei Mangkei ke Kuala Tanjung dan juga mengurangi beban jalan," pungkas Zulfikri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com