Huawei: Blockchain Harus Menciptakan Efisiensi

Kompas.com - 18/04/2018, 14:56 WIB
Ilustrasi blockchain etty Images/iStockphoto/PeshkovIlustrasi blockchain
Penulis Aprillia Ika
|

SHENZHEN, KOMPAS.com - Teknologi blockchain sebagai tulang punggung mata uang kripto bitcoin menjadi topik hangat beberapa waktu ini.

Huawei juga menyinggung sedikit mengenai blockchain dalam sesi tanya jawab di roundtable bertajuk "Huawei in Finance Services Industry" sebagai salah satu kegiatan acara dalam Huawei Global Analyst Summit (HAS) 2018, pada Rabu (18/4/2018).

Liu Limin, President of the Financial Services Sector Enterprise Business Group Huawei Technologies Co, Ltd sebagai nara sumber dalam roundtable tersebut mengatakan bahwa pihaknya berhati-hati mengenai blockchain sebab teknologi tersebut tergolong teknologi baru.

Selain itu, di satu sisi blockchain terkait dengan mata uang, yakni matanuang kripto.

"Menurut saya saat ini semua industri menaruh investasi besar untuk bagaimana menggunakan blockchain ini agar bermanfaat," kata dia.

Dia menambahkan, paling tidak jika sebuah perusahaan atau perbankan memanfaatkan teknologi ini maka harus mendapatkan minimal dua manfaat.

Pertama, yakni untuk mereduksi ongkos kinerja dan kedua, untuk meningkatkan efisiensi sistem.

"Kami tidak bisa melawan hadirnya teknologi baru. Namun kami juga tidak berspekulasi untuk memberikan prediksi mengenai hal ini," pungkas Liu Limin.

Blockchain

Sebenarnya teknologi blockchain dapat dimanfaatkan secara luas untuk memajukan bisnis dan perusahaan.

Sebagai contoh adalah Singapura yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk membantu dalam hal kegiatan bisnis di pelabuhan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X