Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja di Facebook, Siap-siap Dapat Penghasilan Rp 3,2 Miliar Setahun

Kompas.com - 18/04/2018, 18:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com — Rata-rata penghasilan pegawai raksasa media sosial Facebook Inc diketahui lebih dari 240.000 dollar AS atau setara sekitar Rp 3,2 miliar. Angka tersebut dipublikasikan setelah Facebook harus menghadapi Kongres AS perihal kebocoran data pengguna.

Mengutip Business Insider, Rabu (18/4/2018), pada akhir pekan lalu Facebook merilis laporan Proxy Statement sebelum rapat umum pemegang saham yang akan dilaksanakan pada 31 Mei 2018. Termasuk di dalam laporan tersebut adalah rasio penghasilan CEO Facebook Mark Zuckerberg dan rata-rata gaji pegawainya.

Pada laporan itu terlihat bahwa rata-rata penghasilan pegawai Facebook 240.430 dollar AS atau setara sekitar Rp 3,2 miliar setahun pada tahun 2017. Saat ini, jumlah pegawai Facebook mencapai lebih dari 25.000 orang.

Jumlah penghasilan tersebut termasuk di dalamnya adalah gaji, bonus, dan penghasilan dari saham. Sementara itu, Zuckerberg memperoleh penghasilan sebesar 8,8 juta dollar AS pada tahun 2017 atau setara sekitar Rp 120,5 miliar.

Baca juga: Anggaran THR dan Gaji Ke-13 PNS Tahun Ini Lebih Besar

Dengan demikian, penghasilan Zuckerberg dibandingkan rata-rata pegawai lainnya adalah dalam rasio 37:1. Artinya, penghasilan Zuckerberg sama dengan penghasilan 37 orang pegawainya.

Rincian penghasilan Zuckerberg antara lain juga ada biaya keamanan yang mencapai 7,3 juta dollar AS. Selain itu, Zuckerberg juga menerima tunjangan perjalanan dan pesawat jet pribadi sebesar 1,5 juta dollar AS.

Rata-rata penghasilan pegawai Facebook tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan penghasilan pegawai perusahaan rivalnya, yakni Twitter. Rata-rata penghasilan pegawai Twitter adalah 161.860 dollar AS atau setara sekitar Rp 2,2 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com