Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluas Pasar Indonesia Timur, Astra Graphia Bakal Buka Cabang Baru

Kompas.com - 18/04/2018, 19:42 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Astra Graphia Tbk (ASGR) bakal memperluas pasar ke wilayah Indonesia Timur.  Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas penjualan di wilayah itu.

"Tahun ini kita berencana membuka satu atau dua cabang atau titik layan di wilayah Indonesia Timur," ujar Direktur PT Astra Graphia Tbk Harry H. Halim di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Sejauh ini, Astra Graphia telah memiliki cabang di daerah Makassar dan Manado. Sementara untuk titik layan di Indonesia Timur, Astra Graphia memiliki 13 titik layan dari Palu hingga Jayapura.

"Kami belum bisa menentukan, apakah nanti bentuknya akan cabang atau titik layan, itu nanti tergantung apakah secara bisnis justified atau tidak," ucap dia.

Baca juga: Tiga Petinggi Astra International Ajukan Pengunduran Diri

Harry menambahkan, hingga saat ini kontribusi wilayah Indonesia Timur terhadap bisnis Astra Graphia masih kecil, hanya 10 persen.

Di sisi lain, Harry menambahkan target pertumbuhan yang akan dicapai tahun ini ada di kisaran 10 persen.

Untuk dapat mencapai angka tersebut, Astra Graphia berencana meningkatkan pertumbuhan dari recurring income, dan meningkatkan pertumbuhan portofolio dari produk jasa, dan yang ketiga meningkatkan kontribusi dari e-commerce business to business (B2B) dan business to government (B2G).

Sejauh ini, kontribusi transaksi B2B masih dominan dalam pertumbuhan bisnis Astra Graphia, sebesar 90 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com