Ini Faktor Penting Pemasaran Digital bagi UKM

Kompas.com - 18/04/2018, 20:49 WIB
Ilustrasi fintech www.thinkstockphotos.comIlustrasi fintech


JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang sudah memanfaatkan pemasaran digital diharapkan tidak melupakan faktor penting ini. Faktor tersebut, kata Prima Suyitno yang aktif melakukan kampanye pemasaran digital di kalangan mahasiswa, dalam rilis yang diterima Kompas.com hari ini adalah bahwa pemasaran digital difokuskan pada hasil penjualan.

Lantaran itulah, pemanfaatan pemasaran digital melalui sosial media mencakup antara lain optimalisasi kemampuan menarik minat calon konsumen. "Selain itu, semua hal pemasaran harus terukur," pesan CEO Multipro Mandiri ini.

Dalam kesempatan menjadi pembicara pada seminar bertajuk pemanfaatkan media sosial untuk pertumbuhan bisnis di STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Prima mengatakan bahwa di Indonesia, kian hari kian bertambah jumlah pengguna media sosial.

Hingga 2018, jumlah pengguna sosial media mencapai 130 juta. "Angka ini kan kira-kira 49 persen dari jumlah penduduk Indonesia," ujarnya.

Catatan yang juga mengemuka adalah perubahan gaya dan media pemasaran makin menjadi nyata. Surat-menyurat makin tergantikan dengan surat elektronik. Lalu, brosur kertas tergantikan oleh laman.

Koran konvensional pun lama-kelamaan tergantikan juga oleh media online. "Sehingga, saat ini adalah saatnya untuk memanfaatkan media sosial untuk mencapai tujuan pemasaran digital tadi," pungkas Prima Suyitno.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X